5 Film Horor ala Dokumenter, Tak Kalah Seram dari Incantation

Film Incantation
Sumber :
  • Instagram @ incantationfilm

VIVA Showbiz – Baru - baru ini, film asal Taiwan, Incantation, sedang ramai dibicarakan para pecinta film dan dikatakan termasuk film horor terseram Taiwan. Film ini berbentuk dokumenter atau footage, yang menceritakan perjalanan seorang wanita bernama Li Ronan yang menghadapi kutukan yang menimpa dirinya setelah melanggar hal tabu dan pantangan sebuah kepercayaan pada enam tahun lalu. Li Ronan pun selalu mengabadikan upaya menyelamatkan anaknya dari kutukan tersebut dalam video kamera. 

Antisipasi Macet Horor, Menhub Imbau Pemudik Balik Lebih Awal

Nah, karena Incantation, film horor dengan bentuk dokumenter pun akhirnya mulai banyak disukai dan kembali naik. Untuk kamu pecinta horor dokumenter, berikut 5 rekomendasi film horor dokumenter mirip Incantation yang telah dirangkum VIVA.

Paranormal Activity

Dilarang Tayang, Ini Sinopsis dan Daftar Pemain Film Kiblat

Salah satu adegan film Paranormal Activity 4

Photo :

Film horor ala dokumenter yang pertama, paling terkenal dan memiliki banyak waralaba adalah Paranormal Activity. Dapat dikatakan, film ini adalah "legend"nya film horor dokumenter atau footage, yang adegan seperti diambil dari CCTV dan kamera korban. 

Produser Hingga Konsulat Amerika Nobar Film Hamtramck di UMSU

Paranormal Activity pertama, keluar pada tahun 2007, bercerita tentang pasangan muda bernama Katie dan Micah, yang rumahnya dihantui makhluk dunia lain. Katie memang berurusan dengan iblis sejak kecil. Sehingga, film ini menampilkan cara mereka mengatasi kehadiran supernatural dalam rumah. Seperti Incantation, film ini juga ditayangkan berupa footage atau seperti dari kamera. 

Paranormal Activity merilis 7 film yang berbeda, namun dengan konsep sama. Paranormal Activity terakhir rilis pada tahun 2021, berjudul Next Of Kin.

The Medium

Film The Medium

Photo :
  • Instagram @embrace.the.horror

Film dengan konsep seperti Incantation, yaitu dokumenter, adalah The Medium. Film ini berasal dan menggunakan bahasa dari Thailand. The Medium rilis pada tahun 2021 dah hingga saat ini masih sering dibicarakan para pecinta horor. 

The Medium mengisahkan tentang tim film dokumenter yang mengunjungi desa tempat tinggal seorang wanita paruh baya bernama Nim, ia adalah seorang dukun yang dirasuki Bayan atau dewa yang dipuja masyarakat setempat.

Nim menjadi dukun setelah saudara perempuannya, Noi menolak menjadi dukun. Hal itu juga membuat Nim menjadi medium roh Bayan, dewa lokal yang disembah penduduk desa.

Namun, suatu hari, Nim mengetahui keponakan perempuannya yang bernama Mink, mengalami gejala aneh dan curiga itu menjadi pertanda untuk menjadi dukun selanjutnya. Namun, Noi menolak Nim melakukan ritual memindahkan roh Bayan ke Mink dan akhirnya kisah "horor" pun terjadi. 

The Blair Witch Project

Film horor, Blair Witch

Photo :
  • instagram.com/blairwitchmovie/

The Blair Witch Project rilis di tahun 1999, yang mana film dokumenter horor tertua yang masuk dalam rekomendasi ini. Film ini bertema supernatural horor dan juga mengusung tema dokumenter. 

The Blair Witch Project berlatarbelakang di sebuah hutan bernama Black Hills Forest. Tiga mahasiswa menjelajah, melakukan ekspedisi untuk menelusuri kebenaran dongeng legenda Blair Witch. Di tengah ekspedisi, ketiganya tersesat dan menghilang. 

Lalu, satu tahun kemudian, alat perekam ketiga mahasiswa itu ditemukan. Ketika diselidiki, video mereka menampilkan beberapa suasana misterius yang terjadi di hutan tersebut.

Noroi : The Curse

Noroi : The Curse

Photo :
  • id.wikipedia.org

Film rekomendasi keempat adalah Noroi : The Curse. Film ini mungkin dapat dikatakan yang paling mirip dengan Incantation karena beberapa adegan di Noroi: The Curse menampilkan gimmick footage yang sama seperti Incantation. Selain itu, Noroi: The Curse juga mengeksplorasi kutukan dan menjelajahi tempat-tempat kecil penuh rahasia.

Film ini berasal dari Jepang dan menceritakan perjalanan Masafumi Kobayashi, jurnalis yang sangat tertarik dengan hal-hal supernatural. Hal itu membuatnya menginvestigasi hal-hal misterius yang ia temui.

Keramat

Film Keramat.

Photo :
  • IMDb

Film terakhir datang dari Indonesia yang berjudul Keramat. Film horor dengan gaya dakumented ini disutradarai oleh Monty Tiwa dan dibintangi oleh Poppy Sovia, Sadha Triyudha, Migi Parahita dan lainnya. 

Keramat bercerita tentang sebuah tim produksi film dari Jakarta yang akan syuting film di daerah Bantul, Yogyakarta. Namun saat syuting, mereka ternyata melakukan sesuatu yang tabu dan akhirnya mereka mengalami kejadian kejadian mistis dan supranatural. 

Belum lama, pihak rumah produksi dan sutradarya Monty Tiwa mengumumkan bahwa film kedua Keramat akan segera digarap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya