Film Buya Hamka Bakal Tayang di Momen Lebaran 2023

Film Buya Hamka.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Showbiz – Menyambut Ramadhan tahun 2023, rumah produksi Falcon Pictures dan Starvision memberi sebuah pengumuman penting tentang film yang diangkat dari kisah hidup seorang tokoh yang dihormati berbagai kalangan serta banyak berjasa terhadap bangsa Indonesia, Buya Hamka.

Sutradara Joko Anwar dan Yeon Sang-ho Bahas Soal Kisah-kisah Asia dalam Film Terbaru di Netflix

Melalui unggahan di Instagram resmi, Falcon Pictures merilis teaser poster dari film Buya Hamka. Dalam teaser poster itu terpampang wajah dari para pemain, di antranya adalah Vino G Bastian dan Laudya Chintya Bella. Diketahui, Vino berperan sebagai karakter utama, Buya Hamka.

Aktor Vino G Bastian perankan karakter Buya Hamka

Photo :
  • IG Vino G Bastian
Pelindo Layani 2,26 Juta Orang Selama Periode Mudik Lebaran 2024

Hal yang mencuri perhatian adalah di bagian bawah teaser poster itu tertera informasi bahwa film garapan sutradara Fajar Bustomi itu akan tayang pada momen lebaran tahun 2023.

Produser Falcon Pictures, Frederica mengungkapkan bahwa hadirnya film Buya Hamka merupakan bagian dari dedikasi untuk dunia perfilman Tanah Air. Bukan hanya menghibur, film Buya Hamka juga akan memberi tuntunan. Bagi Frederica, momen lebaran adalah saat yang tepat untuk menyaksikan film Buya Hamka bersama keluarga. 

Dompet Porak Poranda Pasca Lebaran, Begini Taktik Perbaikinya

"Ini adalah bentuk dedikasi kami kepada dunia hiburan Indonesia. Karena film Buya Hamka, bukan hanya menghibur, tapi juga memberikan tuntunan. Kami juga berharap, banyak pelajaran positif yang bisa dipetik usai menonton film ini. Dan momen lebaran merupakan waktu yang pas, untuk menikmati film Buya Hamka bersama keluarga," kata Frederica dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Sedangkan produser Starvision, Chand Parwez menuturkan, proses pembuatan film Buya Hamka sangat panjang dan memakan biaya yang besar. Maka dari itu, ia senang karena akhirnya film tersebut akan segera tayang di bioskop Tanah Air.

"Saya mengucap syukur, Alhamdulillah. Karena karya fenomenal yang berproses sejak Bapak Din Syamsuddin menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak saya untuk membuat film tentang Buya Hamka, seorang ulama besar dan kiai nasionalis yang menjadi Ketua MUI pertama. Karya Film kerjasama Starvision dan Falcon dengan MUI ini membutuhkan sembilan tahun dengan biaya besar, kini telah siap tayang dibioskop. Bismillahirrohmanirrohim,” kata Chand Parwez.

Sekjen MUI (Majelis Ulama Indonesia), Buya Amirsyah memberikan apresiasi untuk film Buya Hamka. "Dalam  waktu dekat film Buya Hamka akan tayang di bioskop. Buya Hamka bukan saja seorang ulama, tapi juga filsuf dan sastrawan terkemuka di berbagai negara. Buya Hamka juga menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia pertama dan aktif dalam Muhammadiyah hingga akhir hayatnya," ujarnya.

Para pemain film Buya Hamka

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi

Laudya Chintya Bella mengungkap bahwa memerankan tokoh Siti Raham, istri dari Buya Hamka, tidaklah mudah. Ada beberapa tantangan yang harus ia jalani, salah satunya dari segi bahasa.

"Kesulitan sih, iya banget karena dari bahasa juga. Karena kalau bahasa dihapal mudah ya. Tapi ini bahasa buat dialog, sulit ya. Untuk bahasa jadi rasa ke hati connect itu butuh waktu yang panjang. Sementara aku reading hanya sekitar 20 hari dan menurut aku kalau bisa milih ‘please, satu bulan lagi readingnya'. Selain itu, kesulitan lainnya adalah harus memperdalam pengetahuan dengan memperbanyak literasi dan riset tentang Buya Hamka dan hubungannya dengan Siti Raham," papar Bella.

Selain Vino G Bastian dan Laudya Chintya Bella, film yang akan tayang di seluruh bioskop Indonesia tanggal 20 April 2023 ini juga dibintangi oleh Desy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kusuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya