Hadirkan 90 Film dari 54 Negara, Jakarta World Cinema Week 2023 Siap Digelar

Jakarta World Cinema Week 2023
Sumber :
  • VIVA/ Aiz Budhi

JAKARTA  – Festival film Jakarta World Cinema Week (JWCW) akan kembali digelar untuk kedua kalinya pada tahun 2023 ini. Di penyelengaraan tahun ini, JWCW akan menayangkan 90 judul film dari 54 negara. Film-film tersebut bisa disakisikan secara offline di bioskop CGV Grand Indonesia Jakarta, dan secara online melalui layanan streaming KlikFilm mulai tanggal 11 hingga 18 November 2023.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

JWCW 2023 akan dibuka dengan penayangan film asal Yordania berjudul Inshallah a Boy garapan sutradara Amjad Al-Rasheed. Film itu mengangkat  isu seputar hukum hak waris dalam Islam yang menimpa seorang janda beranak satu (perempuan). Film Inshallah a Boy mendapat pujian hangat pasca Cannes 2023, selain itu, film tersebut juga menjadi perwakilan resmi Yordania untuk Oscars 2024 mendatang.

Untuk diketahui, dua pemain dalam film Inshallah a Boy yakni Eslam Al-Awadi dan M. Jezawi, akan hadir pada pembukaan Jakarta World Cinema Week 2023.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

"Saya berharap JWCW mampu memberikan yang terbaik untuk dunia film Indonesia, dan konsisten untuk hadir setiap tahunnya," kata Frederica selaku Executive Director JWCW saat konferensi pers di kawasan Senayan Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023. 

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Festival JWCW 2023 akan dibuka oleh film Inshallah a Boy, sedangkan untuk penutupan akan ditayangkan film Shayda garapan Noora Niasari, sutradara kelahiran Iran yang kini menetap di Australia. Film tersebut dibintangi Zar Amir Ebrahimi, aktris terbaik Cannes 2022 lewat film Holy Spider (Ali Abbasi, 2022). Sutradara Noora Niasari bersama Associate Producer Keiran Watson-Bonnice juga akan hadir di JWCW 2023 di Jakarta.

Dari 90 judul film, nantinya akan ada 35 film yang tayang di CGV dan 55 film yang tayang di KlikFilm dengan lineup masing-masing. Berikut sebagian film-film tersebut, Monster (Hirokazu Koreeda, 2023), The Pot au Feu (Anh Hung Tran, 2023), Perfect Days (Wim Wenders, 2023), Fallen Leaves (Aki Kaurismaki, 2023), Badrun & Loundri (Garin Nugroho, 2023), dan A Brighter Tomorrow (Nanni Moretti, 2023).

Tak hanya itu, JWCW kali juga menghadirkan film-film Indonesia seperti Melukis Luka garapan Prisia Nasution dan dibintangi Bio One dan Rachel Amanda, Koridor garapan Indra Gunawan dibintangi Prisia Nasution dan Iedil Dzuhri Alaudin. Kemudian ada film Malaikat Tanpa Sayap karya Danial Rifki, dibintangi Mawar Eva De Jongh dan Ciccio Manassero. 

Selain pemutaran film, JWCW juga akan menghadirkan Masterclass on Filmmaking bersama pembicara seperti Ifa Isfansyah, Yosep Anggi Noen, Makbul Mubarak, Alim Sudio, Kamila Andini, dan lain-lain.

Harga tiket untuk menonton film-film JWCW 2023 di CGV yakni Rp35 ribu, dan akan ada tambahan diskon potongan harga senilai Rp15 ribu bagi penonton yang dapat menunjukkan Kartu Mahasiswa ketika membeli tiket on the spot. 

"Lineup film JWCW yang sebagian besar merupakan jebolan festival film paling bergengsi di dunia adalah ciri khas unik yang akan terus melekat pada JWCW," kata Shandy Gasella selaku Festival Director.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya