Sinopsis Lengkap The Devil On Trial, Viral Jadi Inspirasi The Conjuring 3

Film dokumenter The Devil on Trial
Sumber :
  • Netflix

JAKARTA – The Devil on Trial, film dokumenter terbaru yang tayang di Netflix tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta film horor. The Devil on Trial ini merupakan film dokumenter kisah nyata yang menginspirasi film Conjuring 3 yang tayang beberapa waktu lalu.

Tanpa Dialog, Film Thriller 'Monster' Tayang di Netflix Mulai 16 Mei 2024

Tayang perdana pada 17 Oktober kemarin, The Devil on Trial ini menceritakan kejahatan yang mengarah pada strategi hukum yang belum pernah terjadi sebelumnya. Mulai dari laporan langsung, pemeragaan fiksi, dan rekam aktual dugaan kerasukan setan.

Melansir dari laman resmi Netflix, The Devil on Trial ini menceritakan kisah tentang sebuah keluarga yang terpecah belah karena retaknya keyakinan yang dipegang teguh. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Raisa Takut Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film Dokumenter: Ada Apa Dibaliknya?
Sinopsis Branding in Seongsu Episode 1: Trik Kim Ji Eun Atasi Pemagang yang Bikin Frustasi

Kisah ini dimmulai pada tahun 1980, dimana seorang bocah bernama David Glatzel (Foster Hamilton), 11 tahun yang sering meneriakkan kata-kata kasar dan bertindah  tak menentu.

Keluarga Glatzel meyakini bahwa apa yang terjadi padanya ada tangan campur setan. Pihak keluarga kemudian memanggil Ed dan Lorraine Warren yang dikenal sebagai ahli pengusiran setan untuk membantu Glatzel.

Keluarga Glatzel ikut menghadiri prosesi pengusiran setean termasuk saudara Glatzel, Alan dan Carl, Debbie dan kekasihnya Arne.

Selama sesi pengusiran tersebut ternyata Arne mengejek makhluk halus yang ada di tubuh Glatze. Arne meminta arwah tersebut keluar dari Glatze yang ternyata malah masuk ke tubuhnya.

Beberapa bulan kemudian ternyata Arne membunuh pemilik rumah yang disewanya bersama kekasihnya, kakak dari Glatzel Debbie, yakni Alan Bono. Saat itu, Arne membunuh Alan Bono lantaran dia mengaku tengah kerasukan setan.

Kasus pembunuhan yang keji itu kemudian dikenal dengan sebutan Devil Made Me Do It, persidangan Johnson dengan cepat menjadi subjek pengetahuan dan daya tarik setelah menjadi berita nasional pada tahun 1981.

The Devil on Trial menceritakan peristiwa-peristiwa meresahkan yang mengarah pada pembunuhan Bono, persidangan, dan setelahnya, menggunakan laporan langsung dari orang-orang terdekat dengan kasus tersebut, termasuk Johnson.

Kisah Arne Johnson menginspirasi kisah-kisah fiksi yang tak terhitung jumlahnya dalam film dan televisi. Termasuk film Conjuring 3: Devil Made Me Do It.

Namun, The Devil on Trial adalah pertama kalinya banyak subjek yang terlibat langsung dalam peristiwa tersebut menceritakan kisah mereka.

Sehingga memicu perbincangan baru tentang apa yang terjadi ketika asumsi tentang realitas bertentangan langsung dengan cerita tersebut, keyakinan yang dipegang teguh. 

"Ada orang yang berbohong.Tetapi saya duduk bersama David, Arne, Alan, dan Carl, selama berjam-jam, dan kisah mereka tidak pernah berubah. Saya pikir mereka mengatakan yang sebenarnya kepada saya," kata sutradara The Devil on Trial, Chris Holt. 

Dia menambahkan, tetapi itu adalah interpretasi mereka terhadap kebenaran, bukan fakta yang sudah diperkeras. 

"Namun mereka percaya dan saya percaya apa yang mereka katakan adalah benar," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya