Disney Banjir Kritik Gara-gara Pahlawan Israel yang Digambarkan Anti Palestina

Pahlawan super dari Israel bernama Sabra
Sumber :
  • Neewsweek

VIVA Showbiz  –  Serangan Israel ke tanah Palestina, terus menuai kecaman keras dari berbagai masyarakat di belahan negara. Di tengah kegeraman publik terhadap kekejian Zionis Israel, publik kembali dibuat geram dengan Disney yang mengumumkan karakter baru yang bergabung dengan Marvel Cinematic Universe. 

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Ya, pada pameran D23 tahun lalu, Disney sudah mengumumkan pahlawan super dari Israel bernama Sabra. Ramainya kabar tersebut membuat publik ramai-ramai menyerukan untuk memboikot Disney dan Marvel belakangan ini. 

Seorang profesor di Fakultas Seni dan Sains di Case Western Reserve University di Cleveland, Deepak Sarma, mengungkap bahwa karakter Sabra, ketika disandingkan dengan Captain America, pasti akan memperkuat ideologi dan keyakinan nasionalis dan politik, dan secara tidak sengaja dapat memperburuk ketegangan di Timur Tengah, demikian melansir laman Newsweek. 

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Lantas siapa Sabra? 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Sabra pertama kali muncul di The Incredible Hulk pada tahun 1980. Seorang mutan dengan kekuatan dan kecepatan yang ditingkatkan, karakter tersebut juga merupakan agen Mossad, dinas rahasia Israel di kehidupan nyata. Nama aslinya adalah Ruth Bat-Seraph, sedangkan nama sandi Sabra yang berarti seseorang yang lahir di Israel. 

Di Captain America: New World Order, Sabra akan diperankan oleh Shira Haas. Aktris Israel berusia 28 tahun ini terkenal karena berperan sebagai Esther Shapiro dalam mini-seri Netflix Unorthodox, yang berfokus pada seorang wanita Yahudi Hasid yang pindah ke luar negeri untuk menghindari perjodohan.

Sabra awalnya dibayangkan sebagai rekan Israel dari Captain America, dan di edisi awal, pahlawan super itu digambarkan mengenakan bodysuit putih berhiaskan bintang biru David. Dia terlatih bisa melakukan pertarungan dengan tangan kosong dan memiliki kekuatan untuk membantu orang lain pulih lebih cepat.

“Tentu saja Sabra akan dianggap ofensif oleh warga Palestina, Arab, Muslim dan pendukungnya mengingat kompleksitas kebangsaan dan nasionalisme di Timur Tengah. Tetapi konflik yang terjadi saat ini meningkatkan ketegangan secara signifikan,” kata kata Sarma.

Eliza Jane Schneider, artis sulih suara dan aktivis yang proyek Kebebasan Berbicaranya menyuarakan pendapat dari berbagai latar belakang, setuju dengan pendapat ahli tersebut.

“Ini berpotensi menyinggung, karena menyoroti pahlawan super Israel, khususnya intelijen anti-teroris Israel, dalam skala global, dengan jangkauan luas yang dimiliki Marvel, berisiko menimbulkan polarisasi lebih lanjut,” katanya kepada Newsweek.

Hal ini kata dia dapat dilihat sebagai tindakan Marvel dan Amerika Serikat yang mendukung dan membesar-besarkan kebijakan Israel.

Dalam penampilan pertamanya, digambarkan Sabra menyerang The Hulk, yang dia yakini membantu kelompok militan Arab. Ketika seorang anak laki-laki Palestina terjebak dalam pertempuran antara Sabra, The Hulk dan para teroris, kemudian meninggal. The Hulk menyatakan: "Anak laki-laki mati karena orang-orang Anda berdua ingin memiliki tanah! Anak laki-laki mati karena Anda tidak mau berbagi!"

Tentu saja, konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina jauh lebih rumit dari itu, dan hanya merupakan salah satu alasan mengapa sumber materinya kontroversial.

Meskipun kematian anak laki-laki Palestina tersebut diduga mengarah pada Sabra, transformasi tersebut tidak berlangsung lama. Sepanjang masa jabatannya, Sabra memiliki pandangan negatif terhadap karakter Arab, termasuk sesama pahlawan super Arabian Knight, yang penggambaran stereotipnya memiliki permasalahan tersendiri.

Kontroversi Sabra bukanlah hal baru

Sabra sudah menjadi karakter yang kontroversial pada tahun 1980an, namun pertempuran saat ini telah menempatkan konflik Israel-Palestina sebagai pusat perhatian sekali lagi, membuat keterlibatannya dalam film mendatang semakin memecah belah.

Juru bicara Marvel Studios sebelumnya telah mengindikasikan bahwa kekhawatiran tersebut sedang dipertimbangkan.

“Pembuat film mengambil pendekatan baru dengan karakter Sabra yang pertama kali diperkenalkan dalam komik lebih dari 40 tahun lalu,” kata juru bicara tersebut kepada CNN pada September 2022, seraya menambahkan bahwa karakter dalam Marvel Cinematic Universe selalu dibayangkan secara segar untuk layar dan penonton masa kini. 

Uri Fink, seorang seniman buku komik terkemuka Israel, juga mempertanyakan apakah ketakutan beberapa kritikus bahwa karakter tersebut akan ditampilkan sebagai pro-Israel ternyata akurat.

"Sabra kemudian tampil dalam beberapa cerita yang tidak terlalu pro-Israel, hal itu sudah aneh saat itu. Jadi menurutku ini bukan pertanda baik tentang bagaimana dia akan digambarkan oleh Marvel setelah mereka tiada. bangun," katanya kepada outlet Israel Ynet.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya