Karakter Mickey Mouse Versi Awal Bukan Lagi Milik Disney

Mickey Mouse versi awal yang bernama Steamboat Willie
Sumber :
  • Walt Disney Vault

VIVA Showbiz – Mickey Mouse versi jadul, secara resmi sudah tidak lagi menjadi milik Perusahaan Walt Disney. Pada tanggal 1 Januari 2024, versi awal maskot perusahaan hiburan tersebut, yang ditampilkan dalam film pendek Walt Disney tahun 1928, “Steamboat Willie,” memasuki domain publik untuk pertama kalinya.

Empat Alasan Utama Publik Puas dengan Kinerja Jokowi, Menurut Survei Indikator

Tikus lucu yang telah identik dengan merek Disney selama hampir satu abad, telah tumbuh menjadi salah satu karakter paling ikonik dalam budaya pop Amerika. Namun karena undang-undang hak cipta AS, yang terakhir diperbarui oleh Kongres pada tahun 1998, mengizinkan hak cipta dipegang selama 95 tahun, dan akhirnya klaim Disney atas karakter tersebut secara resmi telah berakhir di awal tahun.

Mickey Mouse

Photo :
  • Facebook Mickey Mouse
Soal Isu Jokowi Telepon Hakim Jelang Putusan Sengketa Pilpres, MK Bilang Begini

Steamboat Willie, sebuah film pendek tahun 1928 yang menampilkan versi awal Mickey dan Minnie yang tidak dapat berbicara, secara luas dipandang sebagai momen yang mengubah nasib Disney dan membuat sejarah perfilman.

Artinya, para pihak kreatif seperti kartunis independent, dan bahkan siapa pun yang mau, kini dapat mengerjakan ulang dan menggunakan versi paling awal dari Mickey dan Minnie itu tanpa izin atau biaya.

2 Alasan Kejagung Masih jadi Lembaga Hukum Paling Dipercaya Publik Versi Indikator

Namun pihak Disney memperingatkan bahwa versi Mickey yang lebih modern masih dilindungi hak cipta.

“Kami tentu saja akan terus melindungi hak-hak kami dalam versi lebih modern dari Mickey Mouse dan karya-karya lain yang tetap memiliki hak cipta,” kata perusahaan itu, melansir BBC, Rabu, 3 Januari 2023.

Versi awal Mickey dan Minnie hanyalah dua karya yang memasuki domain publik di AS pada Hari Tahun Baru.

Film, buku, musik, dan karakter terkenal lainnya dari tahun 1928 kini juga tersedia untuk publik Amerika.

Mickey Mouse versi awal yang bernama Steamboat Willie

Photo :
  • Walt Disney Vault

Salah satunya adalah film komedi romantis bisu karya Charlie Chaplin, The Circus; Buku penulis Inggris AA Milne The House at Pooh Corner, yang memperkenalkan karakter Tigger; Orlando dari Virginia Woolf; dan Lady Chatterley’s Lover dari DH Lawrence.

Disney telah menghadapi kehilangan hak cipta atas kartun aslinya beberapa kali di masa lalu.

Karakter Stamboat Willie pertama kali diharapkan masuk ke domain publik pada tahun 1984, tetapi Kongres memperpanjang jangka waktu tersebut selama 20 tahun. Sebelum tanggal kadaluwarsa berikutnya tiba pada tahun 2004, perpanjangan 20 tahun lainnya telah terlewati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya