2 Remaja Korut Kena Hukuman Mengerikan Setelah Nonton Drakor, Video Hukuman Tersebar

Remaja Korut Dihukum Gegara Nonton Drakor
Sumber :
  • Istimewa

Pyongyang – Sebuah video viral dari Korea Utara menunjukkan dua remaja dihukum kerja paksa selama 12 tahun di depan umum karena menonton drakor atatu drama Korea Selatan.

Media Asing Sorot Aksi Joget Ernando Ari di Depan Pemain Korea Selatan: Mengejek

Dilansir dari BBC, Selasa, 23 Januari 2024, di dalam video, dua anak berusia 16 tahun dengan pakaian terusan abu-abu terlihat berdiri di depan ratusan siswa di stadion, dengan petugas berseragam mengkritik mereka karena tidak "merenungkan kesalahan mereka secara mendalam."

Remaja Korut Dihukum Gegara Nonton Drakor

Photo :
  • Istimewa
Viral, Ekspresi Bung Towel Pas Indonesia Gilas Korea Selatan di Piala Asia U-23

Video atau foto seperti ini jarang ditemukan di luar Korea Utara, karena penduduknya tidak diizinkan untuk membocorkan bukti kehidupan apa pun ke negara lain.

Bahkan, para pelancong juga diharuskan mengikuti rute yang telah ditentukan, dan tempat-tempat yang memperbolehkan pengambilan foto sangat dibatasi.

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

Bukan hal yang aneh bagi Korea Utara - negara yang paling terisolasi di dunia - untuk memenjarakan warganya karena menonton atau menyimpan apa pun yang berhubungan dengan budaya Korea Selatan.

Korea Utara dan Korea Selatan secara teknis masih berperang sejak tahun 1953, ketika gencatan senjata mengakhiri Perang Korea yang berlangsung selama 3 tahun. Para pemimpin dari kedua belah pihak telah secara resmi mengupayakan reunifikasi selama beberapa dekade.

Menurut KCNA pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan bahwa Korea Utara tidak akan lagi mengupayakan reunifikasi dengan Korea Selatan.

Undang-Undang Penolakan Ideologi dan Budaya Reaksioner, yang dikutip dalam video ini, akan memungkinkan para pejabat untuk menjatuhkan hukuman mati kepada para pelanggar yang mengimpor atau mendistribusikan buku-buku atau materi lain yang menunjukkan budaya Korea Selatan.

Remaja Korut Dihukum Gegara Nonton Drakor

Photo :
  • Istimewa

Choi mengatakan bahwa sulit untuk mengetahui berapa banyak orang yang telah dihukum di bawah undang-undang ini, sebagian karena penegakan hukumnya tidak konsisten.

Dia mencatat bahwa pemerintah Korea Utara meluncurkan kampanye melawan budaya Korea Selatan untuk "mengalihkan perhatian dari beberapa masalah dalam negeri yang sebenarnya, biasanya kesulitan ekonomi, atau ketika ada hal-hal yang tidak berjalan dengan baik dengan Korea Selatan."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya