Monty Tiwa, Sutradara Terkemuka Indonesia di Balik Kesuksesan Dear Jo

Monty Tiwa
Sumber :
  • Instagram @montytiwa

VIVA – Monty Tiwa, seorang sineas ternama dalam dunia perfilman Indonesia, kembali mengukir prestasi melalui arahannya dalam serial drama terbaru berjudul Dear Jo. Sutradara berbakat ini sebelumnya meraih penghargaan bergengsi dalam ajang Festival Film Indonesia 2005, kategori Skenario Terbaik untuk serial lepas berjudul "Juli di Bulan Juni".

Sinopsis Branding in Seongsu Episode 1: Trik Kim Ji Eun Atasi Pemagang yang Bikin Frustasi

Dalam alur cerita Dear Jo produksi Viu Original akan mengikuti kisah Ella (diperankan oleh Anggika Bolsterli), seorang perempuan Indonesia yang menetap di Bangkok bersama anaknya. Kehidupannya runtuh ketika suaminya, Chongrak, terjerat dalam perselingkuhan. Ella, yang selama ini mencari nafkah dengan pekerjaan serabutan, terpaksa menyembunyikan diri agar terhindar dari ancaman deportasi. Suatu hari, Ella menemukan brosur yang diiklankan oleh pasangan muda bernama Jo (diperankan oleh Stefan William) dan Maura (diperankan oleh Fita Anggraini), yang tengah mencari ibu pengganti sebagai solusi atas masalah kesehatan rahim Maura.

Meski dihadapkan pada situasi sulit, keadaan yang tak terduga memaksa Jo dan Maura untuk berjumpa dengan Ella dan sepakat menandatangani perjanjian surrogacy. Tanpa menyadari, itulah titik awal dari drama cinta yang rumit, membentuk segitiga cinta yang melibatkan Jo, Ella, dan Maura.

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga

Profil dan Karya Monty Tiwa

Monty Tiwa, seorang seniman multi-talenta di industri perfilman Indonesia, telah menorehkan bakatnya sebagai penulis skenario, sutradara, produser, hingga komposer. Debutnya dalam film panjang dimulai dengan "Andai Ia Tahu" pada tahun 2002, dan sejak itu, pria kelahiran 1976 ini terus mengukir berbagai prestasi.

Simak Sinopsis Film Smugglers, Kisah Penyelundupan yang Dilakukan Oleh Penyelam Wanita

Penghargaan sebagai penulis skenario terbaik Piala Citra 2006 diterima atas karyanya yang mengharukan berjudul "Denias: Senandung di Atas Awan". Monty Tiwa kemudian melanjutkan kiprahnya dengan konsisten berkolaborasi bersama Moviesta Pictures.

Karyanya terus menghiasi layar lebar, termasuk dalam film-film seperti "Mengejar Mas-Mas". Selain menjadi penulis dan sutradara di film-film seperti "Keramat" dan "Maaf Saya Menghamili Istri Anda", Monty Tiwa juga menjalin kolaborasi sukses dengan Robert Ronny dalam menyutradarai "Critical Eleven". Keberhasilannya bersama Robert Ronny mendapatkan apresiasi tinggi, seperti nominasi Best Direction di Asian Academy Creative Awards 2018.

Selain itu di platform Viu, penonton dapat menikmati karya Monty Tiwa melalui "Critical Eleven" (2017) dan karya terbarunya yang sedang tayang perdana di Viu yaitu Dear Jo.

Berikut adalah sejumlah penghargaan yang berhasil diraih oleh Monty Tiwa:

  • Nominasi Penulis Skenario Terbaik (FFI 2015)
  • Nominasi Penulis Skenario Adaptasi Terbaik (FFI 2021)
  • Pemenang Pencipta Lagu Tema Terbaik (FFI 2022)
  • Nominasi Penyunting Gambar Terbaik (FFI 2007)
  • Nominasi Penulis Skenario Terbaik (FFI 2007)
  • Nominasi Penata Suara Terbaik (FFI 2007)
  • Pemenang Penulis Skenario Terbaik (FFI 2006)
  • Nominasi Penulis Skenario Terbaik (FFI 2006)

Jangan lewatkan karya terbaru Monty Tiwa, Dear Jo selengkapnya di aplikasi streaming Viu dan menyaksikan kepiawaian Monty Tiwa mengarahkan narasi yang memukau dari format film ke drama Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya