Luncurkan Buku Biografi, Addie MS Dapat Testimoni dari David Foster

Peluncuran buku Addie MS
Sumber :
  • VIVA/Shalli Syartiqa

VIVA – Musisi senior Addie MS meluncurkan buku biografi yang menceritakan perjalanan hidupnya hingga sukses menjadi konduktor yang diperhitungkan di Tanah Air, Sabtu, 19 Januari 2019. Dalam proyek bukunya kali ini, Addie bekerja sama dengan seorang penulis Evariny Andriana.

Kabar Terbaru Anggun, Ikut Terlibat dalam Broadway Legendaris 

Buku ini bertujuan memberikan inspirasi kepada kaum muda untuk berjuang mengejar passion dan meraih kebahagiaan, meskipun banyak keterbatasan dan halangan yang dihadapi.

"Aku ungkapkan cerita hidupku di sini (buku biografi), bukan karena merasa hebat, tetapi aku hanya ingin berbagi bahwa apa yang terlihat tak lazim, bukan berarti tidak bisa dilakukan," kata Addie yang dijumpai usai peluncuran bukunya di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 19 Januari 2019.

Anggun Tampil Memukau di Champs Elysees Paris Pada Malam Tahun Baru

Berbeda dengan sang penulis, Evariny mengaku sangat mengidolakan sosok Addie sejak lama. Dari hal itulah, lahir ide untuk menuliskan biografi sang maestro.

"Sebetulnya karena saya fans Mas Addie, saya rajin sekali hadir di setiap acara beliau. Suatu hari Mas Addie bikin konser Twilite Orchestra, saya ulas di blog dan kirim link lewat Twitter. Saya enggak nyangka dia (Addie MC) baca, setelahnya dia kasih aku dua tiket konser untuk konser berikutnya," tutur Evariny.

Rilis Lagu Kolaborasi Bareng Produser Australia, Ini Fakta-fakta Angus Wonderland

Singkat cerita, Evariny pun menawarkan diri untuk membuatkan buku tentang perjalanan hidup bapak anak dua tersebut. Alasannya karena menurutnya, Addie merupakan salah satu tokoh di Indonesia yang sangat menginspirasi.

"Dia punya semangat yang begitu tinggi, kelihatan sekali Mas Addie yang awalnya enggak pede betul-betul seperti ini. Banyak langkah yang tak lazim dalam perjalanan kariernya," katanya.

Tiga tahun proses penciptaan buku tersebut, membuat Addie dan Evariny mantap meluncurkan buku biografi Addie MS. Evariny mengaku mulai merayu untuk menjalankan proyek ini pada akhir 2016.

"November 2016 setelah event, saya mulai mengajukan, beliau maju mundur merasa enggak layak dijadikan biografi sampai akhirnya oke di tahun 2017 pertengahan. Proses interview itu Oktober 2017 sekitar satu tahun pendekatannya," ujar Evariny.

Setelah itu, penulisannya dilakukan selama satu tahun, mengingat banyak kegiatan yang dilakukan Addie MS pada pertengahan tahun lalu, sehingga penulisannya sempat vakum sebentar hingga akhirnya launching hari ini. Sementara itu, Addie menjelaskan bahwa Evariny yang meyakinkannya membuat buku biografi.

"Aku enggak percaya kenapa harus nulis biografi, Eva (penulis) meyakinkan aku. Dia (Eva) bilang penerbit sudah oke semua tinggal mau atau enggak. Aku kenapa percaya (sama Eva), kan banyak penulis yang belum tahu detail aku, tapi Eva ini tahu detail tentang aku," tutur Addie.

Di dalam buku biografi ini, akan dapat dilihat foto diri Addie kecil hingga saat ini. Buku ini memuat kisah perjalanan hidup Addie MS sejak masih kecil hingga pencapaian kariernya di dunia musik selama 40 tahun.

"Ada sebenarnya buku ini untold story, banyak foto yang belum pernah aku keluarin, foto-foto waktu masih kecil. Ada aku cerita, yang mungkin bisa jadi inspirasi," ujarnya.

Buku yang akan dirilis serentak pada 28 Januari 2019 itu rupanya menjadi spesial. Sebab, musisi dunia, David Foster, Anggun C Sasmi, dan beberapa sahabat Addie memberi testimoni di buku biografinya. Testimoni dari David dan Anggun pun dia terima hanya beberapa jam sebelum buku itu diserahkan untuk dicetak. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya