Kabar Duka, Aktor dan Seniman Betawi, Urip Arphan Meninggal Dunia

Urip Arphan
Sumber :
  • IG @urip_arphan_seniman_betawi

VIVA – Kabar duka kembali menyelimuti industri hiburan Tanah Air. Urip Arphan, salah satu aktor dan seniman Betawi meninggal dunia pada Kamis, 29 Juli 2021. Hal tersebut dibenarkan oleh putra almarhum bernama Arief.

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia

"Benar, meninggal (pukul) 16.20, sekitar jam segitu," kata Arief saat dihubungi wartawan melalui telepon.

Urip Arphan sudah aktif di dunia film sejak 1975. Kala itu ia berperan dalam Laila Majnun garapan sutradara Sjuman Djaja. Selain itu, urpin Arphan pernah membintangi Si Doel Anak Modern (1976), Bodoh-bodoh Mujur (1981), Mat Pelor (1990), dan Emak Ijah Pengen Ke Mekah (2013).

Polisi Ungkap Hasil Penyelidikan Kematian Park Bo Ram, Ditemukan Tak Sadarkan Diri di Kamar Mandi

Selain fim layar lebar, ia juga berakting di beberapa sinetron layar kaca diantaranya adalah sinetron Juki bersama David Chalik dan Jihan Fahira juga Cinta Bujur Sangkar bersama Aminah Cendrakasih. Selan itu ia juga berakting untuk serial FTV.

Wajah Urip Arphan kerap disebut mirip dengan Benyamin S. Urip Arphan juga memiliki Sanggar dengan nama Sanggar UHP.

Paling Lucu dan Baik, Cara Raditya Dika Kenang Babe Cabita

Urip Arphan meninggal dunia di usia 74 tahun. Menurut Arief, selama ini kondisi kesehatan ayahnya berangsur menurun. Urip Arphan telah menahun melawan penyakit stroke.

"Sakit pak, sakit stroke memang sudah tahunan ya sakit stroke. Meninggal di rumah saya. Memang selama ini sama saya," ujar Arief.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Urip Arphan sempat diperiksa kesehatannya. Hasil test antigen menunjukkan Urip Arphan negatif COVID-19. Menurut Arief, nafas ayahnya sempat tersengal-sengal. Kemudian Arief membawanya berobat. Setelah berjuang maksimal, takdir berkata lain.

“Memang kondisinya menurun. Jadi tadi masih sempat saya mandikan tadi sore. Kemudian setelahnya ngap-ngapan gitu,” ujar Arief.

Saat ini jenazah disemayamkan di kawasan Cagar Alam, Depok. Rencananya jenazah Urip Arphan akan dimakamkan di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Kawi-Kawi Percetakan Negara (Kramat Sentiong), Jakarta Pusat, Jumat, 30 Juli 2021. Kabarnya prosesi pemakaman akan diadakan sebelum siang hari.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya