Klarifikasi Soal Isu Bullying, Kim Garam Beri 5 Pembelaan Ini

Kim Garam
Sumber :
  • Soompi

VIVA Showbiz – Mantan anggota Le Sserafim, Kim Garam, baru-baru ini memberikan klarifikasi tentang tuduhan bullying yang dilakukannya di sekolah sehingga mengeluarkannya dari grup.

Vokal LE SSERAFIM Masih Dikritik Setelah Tampil di Coachella Minggu Kedua

Melalui unggahan di Instagram @y__urm pada Kamis 11 Agustus 2022, Kim Garam membeberkan kejadian di masa lalunya tersebut dan meminta maaf kepada semua pihak. 

“Halo, aku Kim Garam. Pertama-tama aku ingin minta maaf. Ini sudah sangat terlambat. Tapi aku belum sempat memberitahukan kepada kalian mengenai pendapatku," tulis Kim Garam, dikutip VIVA.

Pelajar SD di Simalungun Jadi Tersangka Kasus Perundungan, Ini Penjelasan Polisi

Garam mengaku telah berusaha keras untuk mimpinya sebagai seorang idola, namun ia juga takut tindakannya di masa lalu dapat menghancurkan semua orang.

Kim Garam

Photo :
  • soompi.com
Marak Kejadian Perundungan, Kemenkes Lakukan Skrining Kesehatan Jiwa Pada Calon Dokter Spesialis

Satu persatu tuduhan atas tindakannya di masa lalu muncul ke publik, Kim Garam ingin mengungkapkan kebenaran dari sudut pandangnya.

"Semakin hari berlalu banyak tuduhan terhadapku menjadi semakin menakutkan dan aku ingin mengungkapkan posisi ku dengan jujur jika diberi kesempatan," kata Kim Garam.

Melalui pernyataan tersebut, sang idol menegaskan 5 hal yang tidak pernah dilakukannya seperti apa yang telah diberitakan secara luas. Berikut 5 hal yang disampaikan oleh Kim Garam: 

1. Aku tidak pernah memukul atau menganiaya siapapun
2. Aku tidak pernah dipindahkan
3. Aku tidak pernah minum dan merokok
4. Aku tidak pernah melecehkan dan mengasingkan siapa pun
5. Aku hanyalah murid biasa

Kim Garam

Photo :
  • soompi.com

Garam menceritakan bahwa serangan yang ditujukan kepadanya terjadi pada bulan Maret atau Mei saat Yoo Eun Seo mengunggah foto teman-temannya secara diam-diam ketika mereka mengenakan pakaian dalam. Sejak saat itu, Kim Garam mempertanyakan tindakan Yoo Eun Seo dan mulai terjadi perdebatan hingga terucap kata umpatan.

"Aku tidak menyadari perbedaan antara minoritas dan mayoritas pada saat itu sehingga aku tidak bisa menyadari kesalahannya dan berdebat dengan Yoo Eun Seo," lanjutnya.

Saat itu Kim Garam berusaha untuk membantu korban dengan membelanya, namun ia tidak menyadari keseriusan dari tindakannya yang dianggap sebagai perlakuan kasar terhadap Yoo Eun Seo.

"Aku pikir itu adalah loyalitas untuk membantu korban, namun aku tidak menyadari keseriusan dari tindakan kami karena kami merasa ini adalah suatu yang kebenaran," ungkapnya. 

Kim Garam

Photo :
  • Tangkapan Layar

Mantan anggota Le Sserafim itu juga mengakui bahwa caranya di masa lalu adalah kesalahan dan perilaku yang buruk. Namun, baginya persahabatan adalah hal yang penting.

"Sekarang setelah saya melihat ke belakang, itu terlihat sebelum dewasa dan tidak terarah. Saat itu persahabatan adalah hal yang paling penting bagiku dan waktu bersama teman adalah hal yang paling menyenangkan. Saat itu caraku salah dan banyak kesalahan dan perilaku yang buruk, tetapi aku tidak ingin membenci diriku pada saat itu,” jelas Kim Garam.

Kim Garam juga menyampaikan bahwa orangtuanya mengajarkan untuk membantu teman-temannya yang sedang dalam keadaan sulit. Sehingga ia tetap merasa bahwa tindakannya di masa lalu adalah benar meskipun dilakukan dengan cara yang salah.

"Orang tuaku mengajarkan untuk tidak berpura-pura tidak mengenal teman-teman aku yang sedang membutuhkan bantuan atau dalam keadaan yang sulit. Aku tidak akan berubah pikiran pada saat ini bahkan di masa depan," sambungnya.

Kim Garam

Photo :
  • soompi.com

Debut sebagai idol menjadi waktu yang sangat dinanti oleh Kim Garam. Meski hanya bergabung dengan grup Le Sserafim sangat singkat, Kim Garam mengaku itu adalah waktu terbaik baginya.

"Debut adalah waktu yang aku perjuangan untuk mimpiku dua minggu setelah debut adalah saat yang tak terlupakan bagiku. Aku akan melakukan yang terbaik untuk menjadi yang lebih baik," ujarnya.

"Terima kasih atas cinta dan dukungan dari kalian. Aku bisa bertahan berkat dukungan kalian yang terus-menerus. Aku akan melakukan yang terbaik. Terima kasih sudah membaca surat ini 10 Agustus Kim Garam,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya