Didagnosa Mengidap Kanker Panyudara, Nunung Mulai Jaga Pola Makan

Nunung
Sumber :
  • IG @nunung63.official

VIVA Showbiz – Kabar kurang menyenangkan menimpa salah satu komedian ternama Tanah Air, Nunung Srimulat. Nunung saat ini didiagnosa mengidap penyakit yang mengarah ke kanker payudara. Kepada awak media, Nunung mengaku awalnya mengalami benjolan kecil di bagian payudara.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Namun, semakin lama benjolan itu makin membesar hingga berpengaruh ke kegiatannya. Nunung mengeluhkan sakit saat mengenakan tas. Nunung lantas memeriksakan benjolannya itu ke dokter. Hasilanya adalah ada kemungkinan benjolan itu mengarah ke kanker payudara. Saat ini Nunung masih menunggu hasil pemeriksaan biopsi. Scroll selanjutnya ya.

"Ya mudah-mudahan aman lah. Doain ya , mudah mudahan yang terbaik. Diagnosa dokter arah kesana (kanker). Cuma aku masih punya harapan lah menunggu hasil biopsi sabtu besok," kata Nunung di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis, 2 Februari 2023.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Nunung

Photo :
  • IG @nunung63.official

Karena ada kemungkinan mengarah ke penyakit kanker payudara, Nunung saat ini sudah mulai  menjaga pola makan. Nunung mengaku banyak pantangan untuk makanan yang bisa ia konsumsi, salah satunya saat ini Nunung sudah tidak makan daging. 

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Selain itu, Nunung juga harus mulai rutin minum jus. Komedian kelahiran Surakarta itu mau tidak mau harus menuruti anjuran dokter terkait pola makan. Dalam kesempatan itu, Nunung juga mengaku memiliki genetik kanker dari keluarganya.

"Dan aku sendiri memang dari keluargaku ada genetik kanker ya, dari bapak ibuku dan kakaku kena kanker semua. Aku mikir kesana pasti, cuma berusaha positif thingking aja dulu," kata Nunung.

Ilustrasi Penderita Kanker Payudara

Photo :
  • U-Report

"Sudah mulai (program jaga makan), gak makan daging dulu, banyak pantangannya. Harus minum jus terus. Mau gak mau harus diikutin," tambahnya.

Selain itu, Nunung juga sudah mendapat anjuran untuk rutin berolahraga, namun belum bisa direalisasikan karena kondisi tubuhnya masih lemas. "Ada (anjuran olahrag), cuma belum dilakukann. Masih lemes," kata Nunung.

Hingga saat ini, Nunung masih belum melakukan terapi karena masih menunggu hasil pemeriksaan biopis. Jika memang hasil akhirnya adalah kanker, maka Nunung akan mulai melakukan terapi. Kalaupun harus operasi, Nunung akan menjalaninya.

"Belum (belum terapi) Lihat nanti aja, biopsinya gimana. Aku sudah siap yang terbaik gitu. Dokter pasti kasih tau langkahnya apa aja. Kalau arah ke kanker, ya terapi. Kalau memang harus operasi ya mau gak mau," ucap Nunung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya