7 Pasangan Artis Nikah Beda Agama Tapi Berujung Cerai, Terbaru Yeyen Lidya

Jamal Mirdad dan Lydia Kandou
Sumber :
  • Instagram

VIVA Showbiz – Pernikahan beda agama merupakan pernikahan yang dilakukan oleh orang yang berbeda agama, seperti pernikahan muslim dengan agama lain dan sebaliknya. Pernikahan tersebut sah jika sudah memenuhi setiap persyaratan yang telah ditentukan, seperti dalam Islam adalah menganut agama Islam. 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Menikah adalah salah satu penyempurna dari banyaknya cara ibadah kepada Allah SWT. Namun, di Indonesia sendiri kerap ada pernikahan beda agama, seperti para artis Tanah Air. Meski agama Islam secara terang-terangan melarang adanya pernikahan beda agama. Nah, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Lydia Kandou dan Jamal Mirdad

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Jamal Mirdad dan Lydia Kandou

Photo :
  • Instagram

Pasangan aktor senior Lydia Kandou dan Jamal Mirdad sempat menjalankan pernikahan beda agama selama 27 tahun lamanya. Tapi, pernikahan yang tampak harmonis itu malah berujung perpisahan pada tahun 2013. 

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Banyak isu yang mengatakan soal isu perceraian tersebut, mulai dari dugaan KDRT hingga perselingkuhan. Ada juga kabar yang mengatakan bahwa perceraian mereka karena Lidya Kandou enggan masuk Islam seperti janjinya kepada mendiang ibu Jamal Mirdad. 

2. Ira Wibowo dan Katon Bagaskara

Ira Wibowo

Photo :
  • VIVA.co.id/ Al Amin

Katon Bagaskara yang menganut agama Katolik menikahi Ira Wibowo yang menganut agama Islam pada 28 Oktober 1996. Setelah 16 tahun membina rumah tangga dan dikaruniai dua anak laki-laki, mereka sepakat untuk bercerai pada tahun 2012. 

Lewat kuasa hukumnya, Ira Wibowo mengatakan alasan perceraian karena keduanya sering terjadi cekcok dan sulit untuk mencari kedamaian. Setelah 9 tahun cerai, Ira dan Katon tetap menjaga hubungan baik untuk anak-anak mereka. 

3. Yuni Shara dan Henry Siahaan

Yuni Shara bersama mantan suami dan anak-anaknya

Photo :
  • instagram

Artis menggelar pernikahan beda agama berikutnya adalah Yuni Shara dan Henry Siahaan. Mereka menggelar pernikahan pada 7 Agustus 2002 dan dikaruniai dua orang anak laki-laki tampan. Namun, mereka memilih untuk bercerai pada 2008. 

Dalam keterangan saat itu, Yuni dengan tegas membantah tuduhan yang mengatakan dirinya menggugat cerai lantaran faktor ekonomi dan perbedaan agama. Namun, dia tidak menyarankan orang-orang untuk menikah beda keyakinan. 

4. Tamara Bleszynski dan Mike Lewis

Mike Lewis, Tamara Bleszynski dan putra mereka

Photo :
  • VIVA/Laras Devi Rachmawati

Tamara Bleszynski yang merupakan seorang mualaf menikah beda agama dengan Mike Lewis pada 2 Februari 2010. Akan tetapi, pernikahan yang dikaruniai satu anak tersebut berakhir setelah 2 tahun kemudian. 

"Alasan kami bercerai bukan karena KDRT, pihak ketiga, ataupun agama. Yang pasti, kami sudah mempertimbangkan keputusan ini dengan sangat matang," kata Tamara Bleszynski pada tahun 2012.

5. Deddy Corbuzier dan Kalina Oktarani

Deddy & Kalina

Deddy & Kalina

Photo :
  • Beno/VIVAnews

Artis menikah beda agama berakhir cerai berikutnya adalah Deddy Corbuzier dan Kalina Ocktaranny. Ketika menikah pada 25 Februari 2005, Deddy Corbuzier masih menganut agama Katolik sedangkan Kalina adalah seorang muslim. 

Setelah 8 tahun menikah, Deddy mengaku sering cekcok dengan Kalina hingga cerai. "Setiap ribut, pasti minta cerai. Ribut lagi minta cerai lagi. Sampai di satu titik, dia minta cerai saya iyakan," ungkap Deddy di channel YouTube pribadinya, pada 2020.

6. Cornelia Agatha dan Sony Lawlani

Si Doel 2 The Movie Kunjungi VIVA, Cornelia Agatha

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Cornelia Agatha menikah beda agama dengan Sony Lawlani pada tanggal 18 Maret 2006 silam. Pernikahan mereka semakin lengkap dengan kehadiran anak kembar pada Desember 2006 silam. 

Namun, setelah 7 tahun membina rumah tangga, bintang Si Doel Anak Sekolahan itu memilih untuk bercerai. Alasannya menggugat cerai karena mengalami kekerasan dalam rumah tangga selama 3 tahun. 

7. Yeyen Lidya dan Karebet Pramudiarto

Yeyen Lidya

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Karebet Pramudiarto menikahi Yeyen Lidya yang kala itu sebagai janda anak satu pada 2008. Bukan hanya berbeda status, mereka juga beda keyakinan. Yeyen adalah penganut agama Kristen sedangkan suaminya adalah penganut agama Islam. 

Tapi, setelah 13 tahun membina rumah tangga, mereka memilih untuk bercerai. "Karena memang kami tidak pernah membahas soal agama di rumah. Saling mendukung saja," kata sang aktris pada Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya