Usai Viral 'Salam Yahudi' di Ponpes Al Zaytun, Lucky Hakim Langsung Buat Klarifikasi

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang dan Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram @say.kocak

VIVA Showbiz – Video Lucky Hakim yang kebingungan saat menghadiri sebuah acara di Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu, Jawa Barat viral di media sosial. Lucky Hakim terlihat kebingungan ketika Panji Gumilang, pimpinan ponpes mengucapkan salam yang bukan bagian dari ajaran Islam.

Miris, Umat Muslim di Kota Monfalcone Italia Dilarang Salat Karena Aturan Baru

Dalam sebuah video yang diunggah akun @ndorobei.official, Panji Gumilang tampak mengucapkan salam yang identik dengan ajaran umat non muslim. Bahkan, disebut-sebut salam tersebut adalah untuk umat Yahudi, selain salam umat Islam. 

"Saya mengajak saudara-saudara untuk mengucapkan salam yang tidak assalamualaikum saja, sambil kita bernyanyi, saya kira yang hadir, walaupun tidak pandai, tapi bisa bernyanyi," ujar Panji Gumilang yang dilansir pada Kamis, 11 Mei 2023.

Heboh Pengakuan Gus Ubad Aminullah soal Kiai di Cianjur yang Rela Serahkan Istrinya ke Oknum Habib

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang dan Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim

Photo :
  • Tangkapan layar Instagram @say.kocak

"Kita ucapkan kepada sahabat kita 'havenu shalom aleichem' dalam bentuk bernyanyi. Silakan berdiri, karena ini satu Suro," sambungnya yang kemudian menyenandungkan salam untuk umat Yahudi tersebut.

Disaksikan Wapres Ma'ruf, IBA Beri Bea Siswa ke Santri dan Mahasiswa di Banten

Lucky Hakim juga tampak kebingungan dalam momen tersebut. Raut keheranan sangat terpancar jelas di wajahnya. Akhirnya publik di media sosial mendesak Lucky Hakim untuk membuat klarifikasi soal adanya video viral tersebut. 

Tidak lama, Lucky Hakim langsung membuat klarifikasi lewat unggahan di laman Instagram pribadinya. Ia menjelaskan bahwa video tersebut direkam tahun 2022 lalu ketika dirinya masih menduduki jabatan sebagai Wakil Bupati Indramayu. 

Lucky Hakim

Photo :
  • ist

"Itu tahun lalu waktu saya masih jadi kepala daerah di Indramayu dan diundang sebagai kepala daerah, di dalam pesantren ada tanah garapan pertanian modern dan peternakan modern, selebihnya saya tidak terlalu mendalami kurikulum dan apapun tentang teknis pengajaran," komentar Lucky Hakim. 

Namun, saat mengunjungi pesantren yang mempunyai tanah pertanian dan peternakan modern itu, Lucky Hakim enggan mengomentari salam Yahudi yang diperkenalkan. Ia hanya meminta kepada publik untuk mengonfirmasi langsung ke pihak Ponpes Al Zaytun. 

"Jadi mungkin bisa ditanyakan langsung ke pihak Al-Zaytun bila mana ada yang mau tau tentang metode dan ajarannya," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya