Curhat Zaskia Adya Mecca, Sang Buah Hati Asma Hingga Berobat ke Singapura

Zaskia Adya Mecca bersama putranya, Bhai Kaba Bramantyo
Sumber :
  • IG @zaskiadyamecca

VIVA ShowbizZaskia Adya Mecca membeberkan suka duka saat mengasuh anak-anaknya yang mengidap asma. Dari enam anaknya dengan Hanung Bramantyo, Zaskia Adya Mecca mengaku lima diantaranya harus berjuang mengalami asma dengan berbagai kondisi yang kerap membuatnya kalut.

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang

Sebagai seorang ibu, kesehatan anak selalu jadi yang utama, termasuk bagi Zaskia Adya Mecca yang telah dikaruniai 6 anak yang menggemaskan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Di balik itu, pemain film Ayat-Ayat Cinta tersebut mengaku merasakan perasaan yang campur aduk hingga membuatnya rela berobat ke negara tetangga.

Banyak Orang Tunda Nikah karena Gak Punya Biaya, Zaskia Adya Mecca: Rp7,5 Juta Itu Cukup

"Kalau (anak) terlalu capek, asmanya kumat. Aku jujur bingung. Aku sampai ke Singapur soal treatment (berobat) anak aku," ujarnya dalam Webinar, Rabu 10 Mei 2023.

Zaskia Adya Mecca dan Anak Ketiganya, Bhai Kaba

Photo :
  • IG @zaskiadyamecca
Aghniny Haque Bicara Pendalaman Karakter di Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa

Artis keturunan Aceh ini membeberkan bahwa banyak mitos-mitos yang didengarnya terkait asma sehingga kerap kalut ketika anaknya kambuh.

Namun diakuinya, berobat ke Singapura pun ternyata perawatan yang diberikan sama dengan perawatan di Indonesia. Hal ini membuat Zaskia Adya Mecca turut mengimbau agar masyarakat mau berobat di Indonesia saja.

"Aku kalut jadi tetap ke Singapur juga, aku cek, alhamdulillah, dokternya bilang apa yang diberikan dokter di Indonesia sudah tepat. Aku butuh second opinion aja, itu aja biaayanya nggak murah. Jadi berobat tetap lanjut aja di Indonesia," tambah artis berusia 35 tahun itu.

Aktris yang pernah berperan dalam sinetron Para Pencari Tuhan ini pun mengaku bahwa penting untuk para orang tua selalu memperbaharui informasi mengenai kesehatan anak.

Termasuk juga, selalu memberikan pengobatan sesuai rekomendasi dan pantauan dokter karena penanganan asma berbeda-beda bagi tiap orang.

"Setiap anak aku asma, nggak mau sembarangan. Ada obat steroid untuk asma. Tapi diberikan steroid lama-lama efeknya juga gak bagus. Kadang kalau mau simple, anak aku dikasih steroid aja, tapi kayak gitu harus dihindari. Setiap anak ada serangan (asma) dan lebih baik kontrol. Jangan ganti dokter, kalau udah tahu riwayat dan treatmentnya, akan lebih baik. Karena tiap dokter ada treatmentnya beda-beda," tandasnya.

Sebelumnya, Artis berusia 35 tahun ini mengaku sempat merasa kelelahan dengan keluhan kelima anaknya yang asma. Ditambah sang suami, Hanung Bramantyo, yang juga mengidap asma membuat Zaskia merasa lebih sesak dibanding mereka yang mengidapnya.

Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca.

Photo :
  • Instagram @zaskiadyamecca

"Aku nggak ada asma tapi rasanya lebih sesak dari mereka," ujar Zaskia.

Rasa lelah itu, diakui Zaskia, memuncak saat anak ketiganya, Bhai Kaba, harus dirawat di ruang intensif unit atau ICU.

Hal itu terjadi akibat Kaba menderita pneumonia sehingga asmanya semakin berat dan membuat Zaskia kalut ketika membawa mobil menuju ke rumah sakit lantaran saturasi oksigen semakin menurun.

"Puncaknya kemarin anak ketiga ada serangan asma dan pneumonia yang buat saturasi nggak naik. Udah di nebu, suntik, tetap nggak naik. Di UGD udah 1 hari, 15 jam akhirnya pindah ke ICU. Anak aku Kaba udah 4 kali opname, setiap dirawat tidak pernah lebih murah dari Rp60 juta," tuturnya.

Zaskia Adya Mecca bersama putranya, Bhai Kaba Bramantyo

Photo :
  • IG @zaskiadyamecca

Selain biaya rawat yang fantastis, tentu Zaskia Mecca juga memikirkan dampak asma pada masa pendidikan anak-anaknya yang masih di tahap tumbuh kembang. Sebab, Kaba kerap hanya masuk beberapa hari dan mendadak mengalami serangan asma hingga harus absen sekolah.

"Selain biaya, sekolah juga, dia masuk 2 hari, nggak masuk lagi. Libur panjang sehat, masuk sekolah sesak, sampai sekarang belum masuk (sekolah lagi). Aku jadi takut masukin sekolah," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya