7 Artis yang Sempat Dituduh Lecehkan Agama Islam, Terakhir Putri Anne

Istri Arya Saloka, Putri Anne
Sumber :
  • Instagram @irantypurnamasari

VIVA Showbiz – Isu agama merupakan salah satu ranah yang cukup sensitif jika dibahas dan bahkan bisa melebar hingga pelecehan. Tak ayal, banyak orang yang lebih berhati-hati jika membahas sesuatu yang berhubungan dengan agama tertentu. Namun, tidak sedikit pula publik figur di Tanah Air yang berulah mengaitkan soal agama. 

Takut Alquran, Mantan Artis Cilik Ini Akhirnya Putuskan Mualaf

Para artis tersebut sehingga dituduh telah melecehkan agama Islam lantaran hal tersebut. Bahkan, tidak jarang yang dipidanakan karena pernyataannya yang menyinggung tersebut. Mereka juga langsung menjadi sorotan publik di media sosial. Nah, untuk kamu yang penasaran berikut ulasan selengkapnya yang dilansir dari VIVA. 

1. Nikita Mirzani

Di Festival Islam Kepulauan di Belanda, Kemenag Kupas soal Penghulu Era Modern

Nikita

Photo :
  • 1475514

Nama artis kontroversial ini tentu sudah sangat dikenal masyarakat. Bahkan, dia berulang kali dituduh menghina Islam melalui berbagai tindakan yang mengerikan. Setelah dituduh melecehkan bacaan niat sholat, Nikita kembali dituduh menghina Islam saat konfrontasi dengan Habib Rizieq.

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Warganet mengkritisi ucapan Nikki yang menyebut Habib Rizieq Shihab sebagai pengedar narkoba. Gara-gara kasus ini, nama Nikita Mirzani langsung menjadi trending topik di Twitter yang dinilai menghina Habib Rizieq Shihab dan menghina agama Islam.

2. Katy Perry

Katy

Photo :
  • 1340967

Beberapa tahun lalu, Katy Perry merilis video klip lagunya yang berjudul Dark Horse, yang secara konseptual unik. Namun, video tersebut menimbulkan masalah bagi penyanyi Amerika tersebut. Ia harus menghadapi berbagai gelombang protes dari umat Islam yang menyebut video tersebut menghina Islam dan Allah.

Protes datang melalui petisi di situs web Change.org yang menyerukan agar video klip lagu Dark Horse dihapus dari YouTube. Puluhan ribu orang menandatangani petisi online. Namun, sampai saat ini Katy Perry belum memberikan penjelasan terkait video tersebut.

Ernest

Photo :
  • 1321556

Aktor dan sutradara Ernest Prakasa juga pernah terlibat dalam kasus penistaan ??Islam. Dia dikritik karena membuat pernyataan kontroversial tentang seorang tokoh agama Islam terkemuka bernama Zakir Naik. Saat itu santer beredar kabar bahwa Zakir Naik akan datang ke Indonesia untuk menemui Jusuf Kalla.

Ernest kemudian menulis tweet, "JK dengan hangat menjamu Zakir Naik, orang yang terang-terangan mendanai ISIS. Sulit dipahami." Tweet itu menyebabkan boikot produk yang menggunakan dia sebagai model iklan. Setelah itu, Ernest akhirnya meminta maaf dan menghapus tweet tersebut.

4. Joshua Suherman

Joshua

Photo :
  • 1394638

Mantan artis cilik, Joshua Suherman menjadi salah satu selebriti Indonesia yang dituduh menghina Islam. Sebuah video yang diunggah ke kanal YouTube Dewan Lucu Indonesia memperlihatkan Joshua sedang roasting Cheryl, mantan anggota Cherrybelle.

Di sela-sela proses roasting, Joshua berkata: “Gue mikir kenapa Annisa selalu unggul dari pada Cherly. Ah, sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che, Islam. Karena di Indonesia ini ada satu hal yang dengan sebesar apa pun mayoritas.” Karena itu, Umat Islam Bersatu langsung melaporkannya ke Bareskrim Polri.

5. Andre Taulany

Andre

Photo :
  • 1421393

Berikutnya adalah Andre Taulany, yang juga dituduh menghina Islam. Komedian terkenal itu membuat pernyataan di sebuah acara TV yang dianggap menghina agama. Dalam gurauan ini, katanya, "Nabi Muhammad itu badan apa kebon?"

Alhasil, Andre Taulany langsung dipanggil ke polisi oleh PA 212. Selain itu, mantan vokalis Stinky itu juga pernah membuat candaan yang mengatakan bahwa Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Adi Hidayat. Akhirnya warganet marah mendengar candaan tersebut. 

Ge

Photo :
  • 1474911

Ge Pamungkas yang merupakan seorang komika jebolan ajang pencarian bakat ini adalah salah seorang artis yang juga dituding lecehkan agama Islam. Ketika itu, viral unggahan video saat Ge tampil membawakan materi tentang banjir di Jakarta. Ia bertanya, "Sesungguhnya Allah memberikan cobaan kepada yang Dia cintai. Cintai apaan?". 

Karena itu, Ge Pamungkas akhirnya membuat klarifikasi bahwa dirinya tidak ada maksud untuk menistakan agama Islam dan Allah SWT.

Putri

Photo :
  • 1483967

Putri Anne disebut-sebut sudah mempermainkan dan lecehkan agama Islam dengan bacaan Syahadat. Tuduhan ini berawal dari unggahan Instagram Stories milik Anne yang diunggah kembali oleh akun @yollaalghsani1702. Dalam video itu, tampak Anne yang bergurau dengan teman-temannya tentang Syahadat. 

Anne meminta temannya yang non muslim untuk membacakan Syahadat. Ia kemudian tertawa terbahak-bahak mendengar jawaban temannya itu. Begitu pula dengan teman-teman yang lain. Unggahan tersebut langsung membuat warganet marah. Tampaknya Anne sadar dengan kesalahan tersebut dan langsung menghapusnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya