Bintang Film Tarzan, Betta St. John Meninggal Dunia di Usia 93 Tahun

Betta St John.
Sumber :
  • People

Amerika Serikat – Artis Hollywood, Betta St. John telah meninggal pada usia 93 tahun. Aktris, yang kariernya membentang dari Broadway ke layar lebar, meninggal pada 23 Juni karena usia tua di sebuah fasilitas tempat tinggal di Inggris, putranya, produser TV Roger Grant.

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia

Betta menjalani perannya sebagai "orang dewasa pertama" dalam Dream Wife, di mana dia berperan sebagai seorang putri Timur Tengah yang bertunangan dengan seorang pengusaha yang diperankan oleh Cary Grant.

Dalam film berwarna Tarzan pertama, Tarzan and the Lost Safari, Betta St. John berperan sebagai orang yang selamat dari kecelakaan pesawat dalam film tahun 1957. Dia kembali ke franchise untuk Tarzan the Magnificent pada tahun 1960.

Prilly Latuconsina Didapuk Jadi Ketua Pelaksana Festival Film Indonesia 2024-2026

Karier Cemerlang

Foto Kencan Beredar, Bright Vachirawit dan Nene Pornnapan Santer Digosipin Pacaran

Betta yang juga seorang penyanyi dan penari, menikah dengan aktor-penyanyi Inggris Peter Grant dari tahun 1952 hingga kematiannya pada tahun 1992. Dia tinggal di London selama bertahun-tahun, membuat beberapa film di Inggris, termasuk film horor Corridors of Blood dan Hotel Horor.

“Film terakhir saya, Horror Hotel, agak memalukan karena saya tidak suka film horor,” katanya dalam sebuah wawancara tahun 2008. "Tapi saya senang saya melakukannya karena, tampaknya, ini adalah film kultus dan sangat bagus dalam caranya."

Lahir dari ayah George, seorang tukang listrik, dan ibu, May, Betta St. John mengatakan orang tuanya memasukkannya ke kelas teater hari Sabtu mulai dari usia 7 tahun. Dia belajar “menari, menyanyi, dan semua bagian yang Anda lakukan pada usia dini,” kenangnya. “Jika studio membutuhkan anak, mereka menghubungi sekolah teater.”

Pada ulang tahunnya yang ke-16, dia naik panggung di Carousel musikal Rodgers dan Hammerstein, di Broadway, memerankan Louise, putri dari karakter Billy Bigelow dan Julie Jordan. St John kemudian melanjutkan dengan perusahaan tur pertunjukan.

Pada tahun 1949, Rodgers dan Hammerstein memerankannya sebagai Liat yang tidak bersalah bersama Mary Martin dan Ezio Pinza di Pasifik Selatan, membawakan "Happy Talk" dengan gerakan tangan saat Juanita Hall bernyanyi. Meskipun Betta St John memulai peran di atas panggung teater, France Nuyen memainkan peran tersebut dalam adaptasi film tahun 1958.

Betta St John.

Photo :
  • People

Film terkenal lainnya yang dia perankan adalah The Robe, The Student Prince, The Law vs. Billy the Kid, High Tide at Noon, The Saracen Blade, The Snorkel dan banyak lagi. Hingga pada awal 1960-an, Betta St. John berhenti berakting.

"Saya pikir karier saya sudah cukup lama, dan saya tidak merasa terlalu banyak menyerah pada saat itu,” katanya. “Tapi saya menyerah terutama karena saya ingin tinggal di rumah dan membesarkan anak-anak, dan keluarga saya jauh lebih penting bagi saya.”

Dia menambahkan bahwa sangat sedikit aktor yang memiliki kehidupan sempurna. Bahkan jika mereka sangat sukses, kata dia, dapat mempertahankan keluarga dan pernikahan bersama, dengan karier yang baik juga. 

"Pada saat itu, saya menyadari bahwa saya tidak memiliki kemampuan akting yang akan terus berlanjut selamanya," terangnya.

Betta St John dilantik ke Hawthorne Hall of Fame pada tahun 2019. Tahun-tahun terakhirnya dihabiskan dengan tinggal di Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya