Aurelie Moeremans Alami Depresi Akut Hingga Melakukan Journaling dan Meditasi

Aurelie Moeremans.
Sumber :
  • Instagram @aurelie

Jakarta – Aurelie Moeremans, aktris indonesia, baru-baru ini menggemparkan publik dengan pengakuannya tentang perjuangannya melawan depresi akut.

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

Di balik citranya yang ceria dan energik, Aurelie menyimpan luka batin yang menggerogoti semangat hidupnya.

"Jadi, beberapa tahun terakhir ini semangatku untuk hampir segala hal tuh hilang. Aku tetap kerja terus kok, tetap lakuin rutinitas sehari-hari, tapi ko ya rasanya hampa," ucap Aurelie di kutip dari akun Instagramnya, Selasa 16 April 2024.

Prilly Latuconsina Didapuk Jadi Ketua Pelaksana Festival Film Indonesia 2024-2026

Aurelie Moeremans.

Photo :
  • Instagram @aurelie
Foto Kencan Beredar, Bright Vachirawit dan Nene Pornnapan Santer Digosipin Pacaran

Awal mula depresi yang dialami Aurelie diawali dengan perasaan kehilangan semangat hidup. Ia bahkan tidak lagi menikmati hal-hal yang dia sukai, seperti musik dan akting. Bahkan sampai menolak dua proyek film yang sudah lama dia impikan.

"Aku sampai enggak enjoy shooting lagi, makanya memilih untuk berhenti sejak tahun lalu. Bahkan aku sempat ditawarin main di dua proyek bareng aktor yang selama ini aku pengen banget satu project bareng, tapi aku tolak," ucapnya.

Sadar bahwa ada yang tidak beres dengan dirinya, Aurelie mencari pertolongan. Ia berkonsultasi dengan psikolog dan didiagnosis mengidap depresi akut. Diagnosisi ini menjadi titik balik baginya untuk bangkit dan melawan penyakit mentalnya.

"Akhirnya aku ke psikolog dan di sesi pertama aku baru tahu ternyata yang aku rasakan itu depresi akut dan rasa cemas yang parah. Oh ini yang namanya depresi, rasanya kaya selalu diikuti awan mendung yang enggak pernah berhenti nguntit aku," jelasnya. 

Aurelie Moeremans.

Photo :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

Perjalanan Aurelie Moeremans melawan depresi tidaklah mudah, ia merasakan berbagai macam emosi negatif seperti kesedihan, kecemasan dan kehampaan.

Namun, Wanita kelahiran 8 Agustus 1993 itu tidak menyerah, ia bertekad untuk sembuh dan menjalani hidup yang lebih bahagia. Dengan bantuan tim medis dan dukungan orang-orang terdekat. Aurelie mulai mencoba berbagai cara untuk mengatasi depresinya.

Salah satu cara yang ia tempuh yaitu dengan journaling. Ia menuliskan semua pikiran dan perasaannya dalam jurnal. Hal ini membantunya untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik dan mengidentifikasisi pemicu depresinya.

Selain journaling, Aurelie Moeremans juga melakukan meditasi yang membantunya untuk menenangkan pikiran dan fokus pada saat ini. Aurelie juga mengungkapkan sampai menjalani silent retreat di Bali selama 7 hari, dimana dia hanya melakukan meditasi selama seminggu tanpa berkomunikasi dengan siapapun termasuk tanpa menggunakan gadget.

"Aku bahkan ikutan silent retreat di bali, 7 hari tanpa hp dan tanpa ngomong, cuma meditasi seharian selama seminggu, melukat di ubud juga sudah," ucap Aurelie.

Berkat kegigihannya, Aurelie perlahan-lahan mulai menunjukkan kemajuan. Ia mulai merasakan kembali kebahagiaannya dan semangat hidup. Aurelie kembali aktif di  menggunakan platformnya untuk menyebarkan kesadaran tentang kesehatan mental.

"Sekarang sudah bisa menikmati musik lagi, hidup rasanya sudah mulai berwarna lagi. Namun masih proses sih, tapi sudah jauh lebih baik. Semoga kedepannya aku bisa kembali aktif lagi di sosmed, bikin video-video kocak kaya dulu lagi," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya