Kata Pakar Ekspresi Soal Raut Wajah Syahnaz, Belum Sepenuhnya Menyesal?

Syahnaz
Sumber :
  • Tangkapan Layar

JAKARTA – Jeje Govinda dan Syahnaz Sadiqah telah angkat bicara soal isu perselingkuhan yang menjadi perbincangan hangat publik belakangan ini. Akan tetapi, dalam video berdurasi sekitar 4 menit itu, keduanya sama sekali tidak menyinggung soal Rendy Kjaernett dan Lady Nayoan. 

Viral, Ekspresi Bung Towel Pas Indonesia Gilas Korea Selatan di Piala Asia U-23

Syahnaz Sadiqah mengungkapkan penyesalannya kepada sang suami karena kurang bersyukur telah memiliki keluarga kecil yang sangat menyayanginya. Dalam video pernyataan itu, Syahnaz hanya meminta maaf kepada Jeje karena sudah berkhianat darinya. Tetapi, ia tidak menyampaikan maaf kepada Lady Nayoan karena sudah menjalin hubungan gelap dengan suaminya. Scroll lebih lanjut ya.

Melihat raut wajah Syahnaz dalam video klarifikasi itu, seorang pakar ekspresi wajah memberikan tanggapannya. Menurutnya, dari wajah Syahnaz tidak tampak ada penyesalan maupun rasa takut kehilangan saat ia sedang menyampaikan permintaan maafnya.

Netizen Soroti Ekspresi Ibu Chandrika Chika Usai Putrinya Ditangkap Narkoba: Bahagia Banget

"Kalau kita perhatikan wajah bagian bawah saat dia bilang menyesal, ngga bersyukur, itu ada banyak dalam prosesnya itu (bibir) tarikan garisnya ke atas, itu bentuk senyum tertahan, kalau khawatir kehilangan itu kan ekspresi takut (bibir) datar atau turun, ini ngga keluar dari Syahnaz," ucap Kirdi Putra, Pakar Mikroekspresi, mengutip tayangan YouTube, Senin 10 Juli 2023.

Kondisi Terkini Syahnaz Sadiqah Usai Dilarikan ke RS karena DBD

"Menyesal iya, tapi pertanyaannya menyesalnya kenapa? Bisa karena menyesal beneran atau menyesal karena ketahuan (selingkuh)," tuturnya. 

Menurut sang pakar, ekspresi yang tergambarkan di wajah Syahnaz justru tampak seperti bentuk pertahanan dirinya di hadapan Jeje Govinda. Hal itu terpancarkan karena Syahnaz diduga tengah merasa tidak nyaman harus mengungkapkan kesalahannya di depan banyak orang.

Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda.

Photo :
  • Youtube Jeje & Nanas Channel.

"Kita bicara Psikologi, itu adalah metode pertahanan diri untuk mengatasi ketidaknyamanan yang sedang terjadi, ketidaknyamanannya kenapa karena ketahuan tadi dan harus berhadapan dengan publik, harus berhadapan dengan keluarga, harus berhadapan dengan pasangan sebagai konsekuensi dari tindakan dia. Nah saya lebih melihat itu yang keluar dari sisi Syahnaz sekarang," jelas pakar ekspresi itu.

Selain memperhatikan raut wajah, Kirdi juga meneliti gaya bicara yang keluar dari mulut Syahnaz. Menurutnya, adik Raffi Ahmad itu tidak ada menyatakan secara langsung bahwa ia mengakui kesalahannya telah berselingkuh.

"Kemudian ketika membicarakan kesalahannya, banyak kata-kata Syahnaz itu ngga langsung, bukan kata-kata 'saya salah, saya ngaku salah karena saya telah misalnya katakan melanggar komitmen," katanya.

Syahnaz

Photo :
  • Tangkapan Layar

Oleh karena itu, Kirdi menduga bahwa Syahnaz masih belum sepenuhnya mau mengakui kesalahannya berselingkuh dengan Rendy Kjaernett.

"Itu masih kata-kata berjarak, jadi dia masih tanda petik belum mau benar-benar 100 persen mengakui bahwa dia terlibat di dalamnya," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya