Ian Kasela Disomasi Pencipta Lagu Cinderella dan Dituntut Ganti Rugi Senilai Rp20 Miliar

Ian Kasela
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ichsan Suhendra

VIVA Showbiz – Rival Achmad Labbaika sebagai sosok yang mengaku pencipta lagu Cinderella melayangkan somasi kepada Ian Kasela dan Band Radja. Rival diketahui melayangkan somasi terhadap Ian Kasela tersebut melalui kuasa hukumnya, Minola Sebayang. 

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Dalam surat somasi yang beredar pada Jumat, 28 Juli 2023, poin pertama dijelaskan bahwa Rival Achmad Labbaika adalah orang yang sudah menciptakan lagu Cinderella. Lagu tersebut kemudian dipopulerkan oleh Ian Kasela dan Band Radja. 

“Bahwa Klien kami merupakan pencipta lagu yang berjudul Cinderella yang dipopulerkan oleh saudara dan grup band Radja, di mana lagu yang berjudul Cinderella," bunyi surat somasi tersebut yang dilihat pada Jumat, 28 Juli 2023. 

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

Vokalis Band Radja Ian Kasela

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Dalam surat tersebut dijelaskan juga bahwa lagu tersebut sudah ditulis oleh Rival sejak tahun 1996 dan direkam pada 1998 bersama Fresh Band. Kemudian, pada 2003, Ian Kasela disebut menemui Rival untuk membawakan lagu tersebut. 

Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

"Kemudian klien kami meminta kepada Saudara agar dibuatkan kontrak lagu Cinderella antara klien kami dengan label terkait publisher right lagu tersebut, namun hingga sampai dengan saat ini kontrak lagu Cinderella tersebut tidak kunjung dibuatkan oleh saudara,” terangnya.

"Bahwa kemudian pada tahun 2004 di mana saudara dan grup band Radja muncul di acara Pesta Indosiar dengan menyanyikan lagu dan membawakan lagu yang berjudul Cinderella tersebut," lanjutnya surat somasi tersebut. 

Selain itu, Rival Achmad Labbaika juga menuduh bahwa Ian Kasela sudah mengklaim lagu Cinderella sebagai ciptaannya. Hal tersebut ditandai dengan penulisan nama Ian Kasela dalam CD album band Radja. 

Ian Kasela

Photo :
  • VIVA.co.id/ Ichsan Suhendra

“Serta juga menuliskan nama ‘Ian Kasela- Ipay’ dalam kaset dan compact disk (CD) album kedua dan ketiga grup band Raja sebagai pencipta lagu, dan bukan menuliskan nama klien kami sebagai satu-satunya pencipta lagu tersebut,” ucapnya.

Dengan begitu, Rival Achmad Labbaika memutuskan untuk menuntut Ian Kasela ganti rugi senilai Rp20 miliar. Hal ini karena dia menganggap sudah mengalami kerugian secara hak moral dan ekonomi yang diduga belum dipenuhi oleh Ian. 

"Dan Klien kami mengalami kerugian atas perbuatan Saudara baik kerugian atas hak moral dengan tidak dicantumkannya nama klien kami sebagai satu-satunya pencipta lagu tersebut dan kerugian atas hak ekonomi dengan tidak diterimanya royalti atas penggunaan lagu tersebut," ungkapnya.

"Bahwa berdasarkan hal-hal tersebut di atas, dengan ini kami mensomasi (menegur) Saudara untuk membayarkan ganti rugi atas pelanggaran hak moral dan hak ekonomi Klien kami sebesar Rp.20.000.000.000 (dua puluh miliar rupiah) yang dibayarkan kepada Klien Kami selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sejak tanggal surat ini,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya