Ulama Asal Yaman Safari Dakwah ke Indonesia, Ini Profil Habib Umar

Habib Umar bin Hafidz.
Sumber :
  • YouTube Nabawi TV

Jakarta - Ulama asal Tarim, Yaman, Habib Umar beberapa waktu lalu menyambangi Indonesia untuk melakukan safari dakwah. Ia juga sempat menjadi imam sholat di masjid Istiqlal Jakarta.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Habib Umar terlihat sempat mengunjungi beberapa daerah seperti ke Tebuireng, Kabupaten Jombang, Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya.

Ketika berada di Tebuireng, Habib Umar berziarah ke makam pendiri NU sekaligus Pahlawan Nasional, yakni KH Hasyim Asy'ari, putranya, KH A Wahid Hasyim, dan cucunya yang juga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Berikut profil Habib Umar, dilansir berbagai sumber:

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

- Profil Habib Umar

Habib Umar Bin Hafidz.

Photo :
  • Instagram @habibumar_indonesia.
Ternyata Ada Deretan negara Sekutu Iran yang Bentuknya Bukan Negara

Memiliki nama lengkap Umar Bin Muhammad bin Salim Hafidz atau yang biasa dikenal sebagai Habib Umar lahir pada 27 Mei 1963, itu artinya Ulama tersebut sudah berusia 60 tahun.

Ia lahir dan besar di salah satu kota tertua di Yaman yaitu Tarim, Hadramaut. Ketika masih kecil, Habib Umar mampu menghafal Al Quran, teks inti dalam fiqih, hadist serta berbagai ilmu keagamaan yang membuatnya dijuluki sebagai Ulama.

Karena keilmuannya dalam menghafal Al Quran, Habib Umar kemudian menimba ilmu lagi ke Kota Al Bayda yang terletak Yaman Utara agar ia bisa mempelajari ilmu agama lebih dalam lagi.

Ippho Santosa dan Habib Umar bin Hafidz.

Photo :
  • Istimewa

Kehidupan baru Habib Umar di Kota Al Bayda dimulai. Ia masuk sekolah Ribat di al-Bayda’ dan belajar ilmu-ilmu tradisional di bawah bimbingan ahli dari Muhammad bin ‘Abd-Allah al-Haddar dan juga di bawah bimbingan ulama mazhab Syafi'i yaitu Zain bin Sumait. Tak lama kemudian, ia ditunjuk sebagai guru. Ia juga terus melanjutkan dakwahnya.

Habib Umar mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji dan mengunjungi makam Nabi Muhammad di madinah. Ketika berada di Mekkah, ia mendapatkan kesempatan untuk mempelajari beberapa kitab para Ulama di sana, terutama Abdul Qadir bin Ahmad Al-Saqqaf yang menjadikan Habib Umar sebagai murid favoritnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya