Britney Spears Hingga Nicki Minaj, Kisah Pilu 6 Artis Hollywood Terpaksa Jalani Aborsi

Britney Spears.
Sumber :
  • Instagram @britneyspears

VIVA Showbiz – Britney Spears menggegerkan dengan kabar pernah melakukan aborsi hasil hubungannya dengan Justin Timberlake di masa lalu. Tak hanya ikon pop di era 2000 itu, sejumlah artis lain pun pernah menjalani aborsi dengan alasannya masing-masing.

Sadis! Agustami Paksa Kekasih Gelapnya Aborsi di Kelapa Gading, Korban Tewas Pendarahan

Aborsi memang kontroversial, namun hal ini juga sangat umum terjadi. Terbukti dari sekitar satu dari lima kehamilan berakhir dengan aborsi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), dan hampir satu dari empat orang yang bisa hamil akan melakukan aborsi seumur hidup mereka, menurut Institut Guttmacher. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Seperti yang terungkap dalam kisah-kisah berikut, sejumlah pesohor yang melakukan aborsi melakukannya karena berbagai alasan yang sangat pribadi. Berikut 6 artis yang pernah aborsi dikutip laman Everyday Health, Selasa 31 Oktober 2023.

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Uma Thurman

Uma Thurman

Photo :
  • flickr.com
MA Amerika Serikat Batasi Peredaran Pil Aborsi

Aktor Uma Thurman menulis opini untuk Washington Post pada bulan September 2021, yang menentang undang-undang aborsi di Texas. Bintang Kill Bill ini menjelaskan keputusannya untuk berbagi pengalamannya mengenai aborsi dengan harapan dapat mengalihkan api kontroversi dari perempuan rentan yang akan terkena dampak langsung dari undang-undang ini. 

Thurman menggambarkan pengalamannya tinggal di luar negeri pada usia 15 tahun dan secara tidak sengaja dihamili oleh pria yang jauh lebih tua. Dia menceritakan keinginannya untuk mempertahankan bayinya, dan keputusan akhir dia untuk mengakhiri kehamilan setelah berkonsultasi dengan orangtuanya. 

“Kami sebagai keluarga memutuskan bahwa saya tidak dapat menjalani kehamilan, dan sepakat bahwa penghentian kehamilan adalah pilihan yang tepat. Meski begitu, hatiku hancur,” kata dia.

Britney Spears

Britney Spears dan Justin Timberlake

Photo :
  • Instagram

Ikon pop Britney Spears mulai berkencan dengan anggota NSYNC dan sesama Mouseketeer Justin Timberlake ketika dia berusia 17 dan Justin Timberlake berusia 18 tahun. Menurut eksklusif People, Spears mengungkapkan dalam memoarnya The Woman in Me bahwa dia hamil dan melakukan aborsi ketika dia dan Timberlake bersama.

“Itu mengejutkan, tapi bagi saya, itu bukanlah sebuah tragedi. Aku sangat mencintai Justin. Saya selalu mengharapkan kita untuk memiliki keluarga bersama suatu hari nanti. Ini terjadi jauh lebih awal dari yang saya perkirakan,” tulis Spears, kini berusia 41 tahun.

“Tapi Justin jelas tidak senang dengan kehamilannya. Dia mengatakan kami belum siap untuk memiliki bayi dalam hidup kami, karena kami masih terlalu muda. Jika itu diserahkan kepada saya sendiri, saya tidak akan pernah melakukannya. Namun Justin sangat yakin bahwa dia tidak ingin menjadi seorang ayah,” sambungnya.

Dia dan Timberlake mengakhiri hubungan mereka pada tahun 2002. Spears kemudian memiliki dua anak dengan mantan suaminya Kevin Federline.

Milla Jovovich

Milla Jovovich

Photo :
  • wallapik

Pada tahun 2019, sebagai tanggapan terhadap undang-undang aborsi Georgia, yang menyatakan bahwa aborsi tidak boleh dilakukan jika detak jantung bayi dalam kandungan dapat terdeteksi, aktor dan model Milla Jovovich membahas aborsi darurat yang dilakukannya saat syuting film di Eropa Timur pada tahun 2016.

“Saya tidak suka berpolitik, dan saya mencoba melakukannya hanya jika saya benar-benar harus melakukannya dan ini adalah salah satu momennya,” tulisnya di akun Instagram-nya.

“Aborsi cukup sulit bagi perempuan secara emosional tanpa harus menjalaninya dalam kondisi yang berpotensi tidak aman dan tidak sehat,” jelasnya.

Nicki Minaj

Nicki Minaj

Photo :
  • instagram @nickiminaj

Rapper asal Trinidad, Nicki Minaj berbagi rincian pribadi tentang aborsi yang dia lakukan saat remaja dalam sebuah wawancara terbuka yang dia berikan kepada Rolling Stone pada tahun 2014. Dia menggambarkan bagaimana rasanya mengetahui dia hamil saat itu.

"Saya pikir saya akan mati. Saya masih remaja. [Aborsi] adalah hal tersulit yang pernah saya alami,” katanya.

Meskipun Minaj mengaku mengalami tekanan psikologis setelah prosedur wawancara, dia tetap tegas mendukung pilihan. 

“Saya belum siap. Saya tidak punya apa pun untuk ditawarkan kepada seorang anak,” katanya.

Minka Kelly

Minka Kelly

Photo :
  • http://www.reviewstl.com

Di akun Instagram-nya pada Mei 2019, aktor Minka Kelly memposting gambar 25 senator negara bagian Alabama yang memilih Undang-Undang Perlindungan Kehidupan Manusia (sejak dibatalkan) yang ditetapkan untuk melarang hampir semua aborsi di negara bagian tersebut. Kelly, yang mendapatkan ketenaran di acara Friday Night Lights, memutuskan untuk membagikan kisah aborsinya untuk menekankan mengapa dia yakin itu adalah keputusan yang tepat untuknya.

“Ketika saya masih muda, saya melakukan aborsi. Itu adalah keputusan paling cerdas yang pernah saya buat, tidak hanya untuk diri saya dan pacar saya saat itu, tapi juga untuk janin yang belum lahir ini,” katanya.

“Memiliki bayi pada saat itu hanya akan melanggengkan siklus kemiskinan, kekacauan, dan disfungsi yang saya alami sejak lahir,” tulisnya.

Chrissy Teigen

John Legend dan Chrissy Teigen.

Photo :
  • Instagram @chrissyteigen

Pada September 2020, model dan influencer media sosial menceritakan bahwa dia dan suaminya, musisi John Legend, kehilangan anak ketiga mereka, seorang putra bernama Jack, karena keguguran saat hamil. Namun dua tahun kemudian, dia mengungkapkan bahwa yang sebenarnya terjadi adalah aborsi. 

“Menjadi sangat jelas bahwa dia tidak akan selamat, dan saya juga tidak akan selamat tanpa intervensi medis apa pun,” kata Chrissy. 

Dia kemudian menjelaskan bahwa dia membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk menyadari bahwa mereka telah melakukan aborsi. 

“Saya mengatakan kepada dunia bahwa kita mengalami keguguran, dunia setuju bahwa kita mengalami keguguran, semua berita utama mengatakan itu adalah keguguran. Dan saya menjadi sangat frustrasi karena sejak awal saya tidak mengatakan apa yang sebenarnya terjadi,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya