Fakta Jeon Chung Jo, Penipu Transgender Nyaris Nikahi Atlet Cantik Korea

Transgender Jeon Chung Jo.
Sumber :
  • Koreaboo.

KOREA SELATAN – Mantan atlet anggar nasional Korea Selatan, Nam Hyun Hee menggegerkan publik setelah mengungkap sosok calon suaminya yang seorang transgender bernama Jeon Cheong Jo. Nyaris ditipu dengan dinikahi oleh seorang perempuan, publik pun dibuat penasaran akan sosok Jeon Cheong Jo tersebut.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Nam Hyun Hee disebut-sebut akan melepas masa jandanya dengan menikahi kekasihnya yang bernama Jeon Cheong Jo. Namun, pernikahan dibatalkan meski mereka sudah berfoto prewedding lantaran terkuak jenis kelamin sebenarnya dari Jeon Cheong Jo yang seorang perempuan. Scroll untuk info selengkapnya.

Tak heran, fakta mengejutkan dari mantan tunangan anggota tim nasional anggar Nam Hyun Hee, Jeon Chung Jo, terus berlanjut. Berikut ulasannya dikutip dari laman Koreaboo, Selasa 31 Oktober 2023.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Mengaku Pengusaha Asal Amerika
Mantan atlet Olimpiade Nam Hyun Hee mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa dia akan menikah dengan Jeon Chung Jo. Dalam wawancara tersebut, Jeon Chung Jo diperkenalkan sebagai seorang pengusaha kelahiran Amerika yang merupakan seorang penunggang kuda. Kontroversi muncul segera setelah netizen yang mengaku mengenal Jeon Chung Jo menuduh bahwa semua hal di atas tidak benar.

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Konglomerat Gadungan
Meski awalnya Nam masih membela Jeon, namun akhirnya Nam sadar dan meninggalkan Jeon setelah mengakui bahwa dia juga telah ditipu. Karena semakin banyak laporan tentang orang Korea yang ditipu oleh Jeon, anggota Dewan Distrik Gangseo-gu Kim Min Seok merilis foto-foto yang diduga digunakan Jeon untuk menipu teman-temannya korban melalui JTBC.

Foto-foto tersebut menunjukkan Jeon dikawal oleh pengawal sewaan saat berada di Jeju, Korea. Jeon memiliki lebih dari 10 penjaga yang hadir saat berada di pulau.

Menurut Kim, Jeon menghabiskan lebih dari 15 juta KRW (sekitar US$11.100) per bulan untuk menyewa pengawal. Kim juga menyebutkan bahwa foto-foto ini tidak dirilis lebih awal karena ketika orang-orang mengambil foto Jeon, pengawalnya akan memerintahkan agar foto tersebut dihapus.

Penipuan Rekening Bank
JTBC melaporkan bahwa ada juga dugaan Jeon menerima dana penipuan melalui rekening bank penjaga. Fakta ini diiringi dengan catatan kriminal lainnya di mana Jeon menipu deret wanita dengan kencan sebagai pria gadungan. Deret penipuannya pun tak main-main dan Dispatch merilis laporan memberatkan yang mengungkap berbagai penipuan yang dilakukan oleh tunangan mantan atlet Olimpiade Nam Hyun Hee.

Penipu Kencan
Pada 25 Oktober 2023, Dispatch mengungkapkan bahwa tunangan Nam Hyun Hee, Jeon Chung Jo, adalah seorang wanita yang telah menipu tujuh orang dengan merugikan sebesar 300 juta KRW (sekitar US$224.000) dan, sebagai akibatnya, telah menjalani hukuman penjara.

Nam Hyun Hee, Mantan atlet anggar Korea Selatan.

Photo :
  • Korea Herald.

Menurut Dispatch, pada tahun 2019, Jeon Chung Jo menipu gadis “A” sebesar 3,00 juta KRW (sekitar US$2,240) dalam penipuan kencan di mana Jeon Chung Jo bertindak pura-pura menjadi seorang pria. Pada tahun yang sama, Jeon Chung Jo kemudian menipu gadis “B” sebesar ?23,0 juta KRW (sekitar US$17.100) dalam penipuan kencan yang kali ini Jeon Chung Jo berperan sebagai seorang wanita.

Dispatch juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2018, Jeon Chung Jo menipu “C” sebesar 57,0 juta KRW (sekitar US$42,500) dalam penipuan kencan lainnya. Sebelum pada tahun 2019 menipu “D” sebesar 72,0 juta KRW (sekitar US$53,600) dalam sebuah penipuan, di mana Jeon Chung Jo mengklaim bahwa dia adalah seorang Chaebol dan akan menawarkan pekerjaan “D”. 

Penipuan ini kemudian diikuti oleh penipuan lainnya di tahun yang sama ketika dia menipu “E” sebesar 16,0 juta KRW (sekitar US$11,900) dan “F” sebesar 4,95 juta KRW (sekitar US$3,690).

Jeon Chung Jo dihukum atas kejahatannya pada tahun 2020 ketika dia dijatuhi hukuman 2 tahun 3 bulan penjara karena penipuannya. Dispatch kemudian mengungkapkan bahwa, menurut dokumen pengadilan, Jeon Chung Jo adalah seorang wanita. 

Ayahnya Kriminal
Pada 27 Oktober, dikabarkan terdapat tuduhan penipuan terhadap ayah Jeon Chung Jo, Jeon Chang Soo. Melalui program JTBC Crime Chief, terungkap bahwa sang ayah dicari dengan tuduhan penipuan, bertentangan dengan klaim Jeon Chung Jo sebagai generasi ketiga konglomerat.

Menurut laporan tersebut, seorang informan bernama A, yang menjalankan sebuah restoran besar sendirian, mengaku telah berkencan dengan Jeon Chang Soo pada tahun 2015. Menurut A, Jeon Chang Soo menjanjikan masa depan kepada A pada saat itu.

Belakangan, Jeon Chang Soo meminta A untuk mendirikan kantor untuknya karena dia ingin memulai bisnis. Karena A yakin keduanya akan menikah, maka ia memberikan dana usaha kepadanya. Namun, pada tahun 2018, ia tiba-tiba menghilang.

Informan A menyatakan bahwa mereka tidak hanya mirip secara fisik tetapi juga orang-orang yang sama buruknya karena penipuan kencan mereka.

A mengklaim bahwa ada sekitar 60 korban penipuan yang dilakukan oleh Jeon Chang Soo, dengan jumlah terbesar adalah 1,60 miliar KRW (sekitar US$1,18 juta). A secara pribadi menderita kerugian sebesar 300 juta KRW (sekitar US$222.000).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya