Usai Ditipu, Banyak Netizen Curhat Jadi Korban Penipuan Mengatasnamakan Baim Wong

Baim Wong
Sumber :
  • IG @baimwong

VIVA Showbiz – Baim Wong baru-baru ini mengalami kejadian tak menyenangkan, di mana ia menjadi korban penipuan malware yang dikirimkan lewat aplikasi WhatsApp.

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

Baim Wong mengungkapkan awalnya ia mendapatkan chat dari nomor tak dikenal yang mengaku sebagai kurir. Orang tersebut kemudian mengirimkan dokumen yang dikira foto paket yang sedang ditunggu oleh Baim Wong. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

Alhasil, suami Paula Verhoeven itu langsung membuka dokumen tersebut dan mendapati ponselnya dalam keadaan loading. Namun saat itu Baim Wong sedang sibuk bekerja sehingga ia tak ambil pusing dengan apa yang terjadi.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Beberapa hari kemudian, Baim Wong menyadari adanya transaksi aneh di rekening banknya. Ia pun langsung berpikir bahwa dokumen yang dibuka beberapa hari lalu adalah modus penipuan yang saat ini sedang marak terjadi.

Denny Sumargo Gak Setuju Soal Ejekan Aura Magrib, Fuji: Aku Tahu Aku Cantik

"Nah saya itu ngga ngeh, main klik aja karena saya memastikan paket saya dan anehnya yang muncul adalah tampilan loading beberapa saat. Saya itu agak curiga sebenarnya," kata Baim Wong, mengutip video di Instagramnya, Rabu 1 November 2023.

"Tapi setelah berlalu-lalu, berhari-hari akhirnya kemarin saya dikagetkan dengan beberapa notifikasi transfer bank yang saya terima. Sejumlah uang telah ditransfer dari salah satu rekening saya ke rekening lain yang tidak saya kenal," sambungnya.

Baim Wong segera menghubungi pihak bank untuk menutup rekening yang dimilikinya agar transaksi penipuan tersebut berhenti berjalan. Tak hanya itu, Baim Wong juga langsung mengganti password dari semua aplikasi keuangan di ponselnya yang khawatir juga ikut dibobol oleh pelaku penipuan.

"Saya periksa kembali satu persatu aplikasi layanan keuangan yang ada di handphone, dan saya mengganti semua password," ujarnya.

Baim Wong lantas mengingatkan para netizen supaya lebih berhati-hati dengan segala tindak penipuan digital yang saat ini marak terjadi di luar sana.

Menanggapi cerita dari Baim Wong, banyak netizen yang justru mengaku pernah jadi korban penipuan yang mengatasnamakan dirinya. Beberapa netizen menceritakan bahwa mereka dihubungi oleh orang yang mengaku sebagai Baim Wong bahkan saat ditelepon suaranya persis seperti dirinya.

Karena percaya sedang dihubungi oleh Baim Wong untuk memenangkan give away, beberapa netizen itu mau mengirimkan sejumlah uang untuk menebusnya. Jumlah uang yang ditilap oleh penipu cukup beragam mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah.

"Sering dapat DM katanya saya dapat giveaways dari bos Baim, tapi saya gak percaya ini pasti penipuan. Mohon maaf sesusah-susahnya saya gak akan pernah mau ketipu. Harus pintar pintar karena saya tahu ini bukan bos Baim," kata seorang netizen.

"Saking senangnya di vc terus disuruh TF ke kak Baim malah uang minjem ngga tahunya penipuan," kata yang lainnya.

"Saya aja udah ke give away dari mas Baim TF 750.000 melalui WhatsApp anehnya ada suara mas Baim yang ngomong sama saya persis dan mirip sekali suaranya," curhat netizen.

"Saya kehilangan uang 15 juta gara-gara give away Baim Wong. Kakak saya buat story bahwa dapat give away Baim Wong, jadi saya tanya langsung di messanger katanya real jadi saya ikutin apa kata kakak saya. Saya TF sampai 15 juta ternyata akun FB kakak saya dihack. Tolong Mas Baim kenapa masih berkeliran penipu bermodus Baim Wong," ungkap netizen yang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya