Lee Sun Kyun Serahkan 100 Helai Rambut untuk Penyelidikan Narkoba

Lee Sun Kyun diperiksa di kantor polisi atas kasus penggunaan narkoba
Sumber :
  • Koreaboo

Korea Selatan – Penyelidikan kasus narkoba yang tengah dijalani oleh aktor Lee Sun Kyun menarik perhatian netizen bahkan dari luar Korea Selatan. Baru-baru ini, netizen di situs dan komunitas online mengangkat cerita tentang penyelidikan narkoba yang diungkapkan oleh jaksa narkoba yang berubah menjadi pengacara Bae Han Jin dalam sebuah program televisi.

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Menurut pengacara itu, melakukan pemeriksaan narkoba adalah hal yang cukup rumit mengingat adanya resistensi dari pelaku yang terlibat.

"Melakukan investigasi narkoba sangat menantang karena adanya resistensi dari mereka yang terlibat dalam kasus narkoba," kata Bae Han Jin, melansir KBIZoom, Rabu 1 November 2023.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Lee Sun Kyun

Photo :
  • Instagram @beloved_leesunkyun

"Menjamin tujuan sangatlah penting. Proses ini meliputi tes urin dan rambut," sambungnya.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

Pihak berwajib akan mengambil sampel berupa rambut dari pengguna narkoba. Namum bukan sekedar satu atau dua helai rambut saja melainkan ratusan rambut yang harus dikumpulkan untuk diteliti.

Jumlah rambut yang diambil juge bergantung pada jenis narkoba apa yang digunakan. Apabila orang tersebut mengonsumsi beberapa jenis narkoba yang berbeda sekaligus, maka akan dibutuhkan lebih banyak sample rambut.

"Saat melakukan tes rambut, mereka perlu mengumpulkan sekitar 100-300 helai rambut," jelas Bae Han Jin.

"Jumlah rambut yang diambil juga tergantung pada jenis tes obat. Untuk satu jenis obat harus dikumpulkan 200 helai rambut. Jika tersangka mengonsumsi obat yang berbeda, mungkin diperlukan jumlah yang lebih besar," sambungnya.

Proses ini pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Rambut yang diambil dari bagian tubuh harus benar-benar dicabut hingga ke akarnya bukan sekedar dipotong. Pasalnya, ketika seseorang mengonsumsi narkoba, kandungan obat itu merasuk ke dalam darah dan akan membekas di bagian akar rambut.

Lee Sun Kyun

Photo :
  • Allkpop

"Tidak. Saat seseorang mengonsumsi narkoba, kandungan obat tersebut masuk ke dalam darah dan tertinggal di akar rambut. Itu sebabnya rambut harus dikumpulkan sampai ke akarnya," ujarnya.

Kemudian ada juga kemungkinan pengguna narkoba berusaha menyamarkan penggunaan narkobanya dengan cara mengecat putih atau bleaching rambut di seluruh tubuh. 

Menurut pengacara Bae, sebenarnya hal ini belum bisa dikonfirmasi efektifitasnya namun banyak orang yang melakukan hal itu.

"Hal ini belum dapat dikonfirmasi tetapi beberapa orang benar-benar memutihkan rambut mereka," kata sang pengacara.

Sementara itu, polisi baru-baru ini mendakwa Lee Sun Kyun karena dicurigai telah menggunakan lebih dari 2 jenis narkoba, termasuk ganja, di kediaman direktur bar nyonya rumah sejak awal tahun ini. Para peneliti di Badan Forensik Nasional telah menerima 50-100 helai rambut Lee Sun-kyun dan akan mulai memeriksa sampelnya menggunakan kromatografi cair-spektrometri massa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya