7 Idol Wanita K-Pop yang Sukses Solo Karier Setelah Tinggalkan Grup

Sunmi
Sumber :
  • Instagram/miyayeah

Korea Selatan – Industri K-pop dikenal dengan idol grup bersemangatnya, di mana energi kolektif anggotanya sering menghasilkan musik dan pertunjukan yang memikat. Namun, ada saat-saat di mana bakat individual justru bersinar lebih terang saat mereka menjadi solo

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Dalam dunia K-Pop, ada beberapa idol wanita yang justru sukses sebagai penyanyi solo setelah meninggalkan grup mereka. Siapa saja? Dilansir dari Allkpop, berikut ini deretan idol wanita sukses jadi solois saat tinggalkan grup. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Lee Hyori

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Lee Hyori

Photo :
  • Asiancutehair

Setelah Fin.K.L vakum, Lee Hyori memutuskan untuk berkarier solo dengan album debutnya, "Stylish," pada tahun 2003. Hitsnya yang mendominasi tangga lagu seperti "10 Minutes" dan "U-Go-Girl" menunjukkan kemampuannya dalam bermusik. 

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

2. Jeon Somi

Jeon Somi

Photo :
  • instagram.com/somsomi0309

Karier solo Jeon Somi mencapai puncaknya setelah grup I.O.I bubar. Jeon Somi pun akhirnya memutuskan untuk solo karier. Single debut solo-nya, "Birthday," yang dirilis pada tahun 2019, memamerkan bakat, karisma, dan fleksibilitasnya. Sejak itu, ia terus membangun kesuksesannya dengan merilis hits berikutnya seperti "What You Waiting For," "Dumb Dumb," dan "Fast Forward."

Hyolyn

Photo :
  • Soompi

Hyolyn, mantan leader SISTAR, beralih dengan lancar ke karier solo yang sukses. Vokal kuat dan kehadirannya di atas panggung membedakannya, dan hits seperti "Dally" dan "One Way Love" memperlihatkan sisi keberanian dan kematangannya idol wanita ini dalam berkesenian.

Chungha.

Photo :
  • Naver x Dispatch

Chung Ha juga menjalani karier solo setelah I.O.I bubar pada tahun 2017 lalu. Campuran unik antara vokal kuat dan keterampilan tari yang serbaguna membuatnya berbeda. Lagu utama debutnya, "Why Don't You Know," dan rilis-rilis berikutnya seperti "Gotta Go" dan "Snapping" mendapat pujian kritis.

5. HyunA

HyunA

Photo :
  • Soompi

Mantan anggota Wonder Girls dan 4minute, HyunA, menggebrak dunia K-pop dengan usaha solo dan menghasilkan hits seperti "Bubble Pop!" dan "I’m Not Cool." Pendekatan tanpa takutnya terhadap musik dan kehadirannya di atas panggung membuatnya menjadi figur berpengaruh di industri ini.

Sunmi

Photo :
  • Instagram/miyayeah

Mntan anggota Wonder Girls yang ikonik, Sunmi, mencoba solo dengan gaya yang khas dan karisma yang tak terbantahkan. Karier solonya membawakan kita hits seperti "24 Hours" dan "Gashina." Musik Sunmi menunjukkan keberagaman, sehingga dia diakui sebagai penyanyi solo yang kuat.

Kwon Eun Bin

Photo :
  • instagram/silver_rain.__

Setelah pembubaran IZONE, Kwon Eun Bi dengan anggun beralih ke karier solo pada tahun 2021 dengan album mini solo pertamanya, "Open." Sebagai mantan leader IZONE, Eun Bi dengan lancar menerjemahkan keterampilan kepemimpinannya ke usahanya sebagai solois.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya