Disertasi Rieke Diah Pitaloka Selama Lebih dari 2 Tahun Kini Jadi Buku

Rieke Diah Pitaloka
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Aktris sekaligus akademisi, Rieke Diah Pitaloka, telah meluncurkan bukunya yang berjudul Rekolonialisasi: Kekerasan Simbolik Negara Melalui Pendataan Perdesaan pada hari Rabu, 22 November 2023. Peluncuran ini merupakan buah dari penelitian yang ia lakukan untuk disertasi doktoralnya di program S3 Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia (UI).

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Pada acara peluncuran yang berlangsung di Auditorium Komunikasi UI, Depok, Jawa Barat, Rieke mengungkapkan rasa syukurnya bisa menerbitkan buku di kampus tempatnya menimba ilmu. Scroll lebih lanjut ya.

"Alhamdulillah hari ini, terima kasih untuk semuanya yang selalu men-support dan mendoakan saya, akhirnya bisa launching dan publish pertama kalinya di kampus tempat saya mengambil ilmu dari S1, S2, S3 di komunikasi FISIP UI," kata Rieke.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Rieke menekankan bahwa perjalanan menyelesaikan disertasi dan buku ini tidaklah mudah. Tantangan yang ia hadapi tidak hanya datang dari pekerjaannya sebagai aktris dan tanggung jawab sebagai ibu, tetapi juga karena ia terkena virus Covid-19 selama proses penelitian.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

"Sambil kerja, sambil ngurus anak, sambil suasana covid juga, selain ada tugas yang diselesaikan, mencapai disertasi, setelah itu bagaimana bisa jadi buku, dan ini bisa di-share ke banyak orang," ungkapnya.

Lebih lanjut, Rieke Diah Pitaloka juga mencatat prestasi luar biasa di dunia akademis. Ia meraih gelar Doktor Ilmu Komunikasi dengan predikat cumlaude dari FISIP UI dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 2 tahun 8 bulan 2 hari, tanpa mengambil cuti. Prestasi ini dicapainya setelah menjalani sidang promosi di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI pada 25 Mei 2022, menjadikannya lulusan Doktor Ilmu Komunikasi tercepat di institusi tersebut. 

Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka

Photo :
  • Istimewa

Peluncuran buku Rieke ini tidak hanya menjadi tonggak penting dalam perjalanan karir akademisnya, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan dalam diskusi mengenai isu pendataan perdesaan dan kekerasan simbolik oleh negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya