Profil Belinda MasterChef Indonesia, Pemenang Season 11 yang Kemenangannya Tuai Kontroversi

Belinda MCI
Sumber :
  • Instagram

VIVA Showbiz – Pemenang MasterChef Indonesia season 11 yakni Belinda Christina atau yang kerap disapa Belinda menuai sorotan warganet di media sosial. Hal tersebut tak lepas dari kemenangannya yang dianggap tidak tepat dalam ajang masak bergengsi tersebut.

Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Seperti diketahui Belinda Christina telah dinobatkan sebagai juara MasterChef Indonesia season 11 dalam tayangan acara pada Minggu, 26 November 2023 yang diadakan di salah satu televisi swasta. 

Dalam momen terakhir meyambut kemenangannya itu, Belinda sukses mengalahkan pesaingnya Rizkisyah Putra Singarimbun atau yang kerap disapa Kiki. Namun sayangnya, kemenangan Belinda justru menimbulkan perdebatan hingga kontroversi.

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

Hal tersebut dikarenakan, banyak yang menyebut jika kemenangan lawan dari Kiki tersebut sangat tidak tepat hingga menyinggung ras serta keturunanya. Dugaan Belinda Christina menang karena statusnya sebagai lulusan Le Cordon Bleu New Zealand pun menjadi salah satu hal yang ramai diperbincangkan oleh warganet di media sosia.

Target PBSI Bawa Indonesia Kembali Juara Piala Thomas

Imbas dari kemenangan Belinda, kredibilitas juri MasterChef Indonesia jadi dipertanyakan setelah poin hasil penilaian mereka memenangkan Belinda Christina.  Lebih lanjut, banyak penonton yang menilai ucapan juri tidak sesuai dengan nilai yang diberikan. Hal tersebut dikarenakan makanan Kiki lebih banyak dipuji para juri.

Ramainya isu tersebut, tak sedikit orang dibuat penasaran dengan sosok Belinda. Lantas, siapakah dia? Scroll untuk baca artikel selengkapnya yang dikutip dari berbagai sumber.

Profil Belinda MasterChef Indonesia

Belinda MCI

Photo :
  • Instagram

Biodata

  • Nama lengkap: Belinda Christina Sianto
  • Dikenal sebagai: Belinda MasterChef Indonesia
  • Nama panggilan: Belinda, Belin
  • Agama: Kristen
  • Instagram: @belinda.mci11

Keluarga Belinda

Belinda Christina Sianto merupakan pemenang dari MasterChef Indonesia Season 11 yang lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 22 September 2000. Belinda sendiri merupakan anak bungsu dari pasangan Samuel Sianto dan Ngirana Prima Wati.

Belinda Christina sebenarnya memiliki lima kakak, namun tiga di antaranya telah lebih dulu meninggal dunia saat kecil. Sementara, kedua kakak Belinda yang lain masing-masing bernama Yoel Octafian Sianto dan Yulia Evangelista Sianto.

Diketahui melalui akun Instagram pribadinya, Belinda Christina telah memiliki kekasih bernama Alvin Limy.

Latar Belakang

Meskipun lahir di Surabaya, rupanya Belinda lebih lama menghabiskan masa kecilnya di Malang.  Ayahnya merupakan seorang pendeta bernama Samuel Sianto. Di akun Instagram-nya, ia menuliskan bahwa dirinya adalah gembala jemaat di Gereja Bethany Yestoya Pusat Malang.

Mengutip dari beberapa sumber, ia menempuh pendidikan di Le Cordon Bleu di Selandia Baru dan termasuk kampus terkemuka. Di sana dia berhasil meraih gelar Diploma De Cuisine pada Maret 2019. Selain itu di bidang kuliner, ia juga menguasai beberapa gaya masakan, seperti Asia, fusion, hingga masakan Barat.

Belinda Christina

Photo :
  • Instagram

Cita-cita 

Rupanya jauh dirinya sukses di MCI, Belinda sudah memiliki cita-cita di bidang kuliner dengan menjadi pengusaha restoran.  Demi mewujudkan impiannya menjadi pengusaha restoran, Belinda bergabung di ajang kompetisi MasterChef Indonesia season 11. Di ajang tersebut ia berhasil mencapai babak grand final dan namanya mulai dikenal berkat ajang tersebut.

Karier

Mungkin tak jarang yang tahu, bahwa Belinda sempat menyelesaikan pendidikannya di Le Cordon Bleu New Zealand sebelum bergabung di MasterChef Indonesia.  Saat itu Belinda wisuda pada 28 Maret 2019 dengan gelar Diplôme de Cuisine.

Saat audisi, Belinda Christina berhasil lolos ke babak Boot Camp atas persetujuan Chef Juna dan Chef Arnold selaku juri MasterChef Indonesia season 11 setelah menyajikan Thai Duck Red Curry.

Belinda Christina kemudian menjadi salah satu peserta yang berkompetisi di galeri MasterChef Indonesia karena keberhasilannya memasak makanan dengan bahan dasar daging sapi nebraska dalam waktu 60 menit di babak Elimination Test.

Belinda Christina terus melaju hingga akhirnya berhasil sampai di babak Grand Final MasterChef Indonesia season 11. 

Sayangnya kemenangan Belinda Christina kini justru jadi cibiran. Salah satunya karena Belinda kedapatan tidak bisa memotong daging domba hingga dibantu pesaingnya, Kiki di babak Grand Final.

Pecinta Hewan

Selain menyukai dunia kulinter, ia ternyata juga dikenal sebagai pecinta hewan. Hal tersebut diketahui dari foto-foto di Instagram miliknya.

Ia diketahui memiliki anjing peliharaan dan kerap mengunggah kebersamaan dengan anjingnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya