Oki Setiana Dewi Ungkap Pengalaman Berdakwah di Inggris

Oki Setiana Dewi jalani pengalaman berdakwah di Inggris
Sumber :

VIVA Showbiz – Aktris sekaligus usatazah Oki Setiana Dewi bercerita mengenai pengalamannya saat berdakwah di Inggris. Tidak sendiri, Oki berangkat ke Eropa untuk berdakwah bersama tiga orang dai lainnya yang berasal dari Jawa Barat.

Susunan Pemain Indonesia Vs Inggris di Thomas Cup 2024

Selama 10 hari, Oki mengunjungi beberapa tempat dengan membawa misi mulia khususnya tentang Islam di Indonesia.

"Jadi keberangkatan kemarin ke Inggris itu dari tanggal 15-25 November 2023, saya bersama dengan tiga dai lainnya dari Jawa Barat. Jadi pak Ridwan Kamil membuat program bernama English For Ulama jadi itu pengiriman dai dari Indonesia untuk berceramah ke Inggris, Amerika, ke negara-negara lain berbahasa Inggris. Kebetulan saya mendapatkan tugas berceramah di Inggris," kata Oki Setiana Dewi saat dihubungi awak media, Selasa, 28 November 2023.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week
Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

"Selama 10 hari kami di sana, kami mengunjungi parlemen, mengunjungi penjara, universitas, sekolah, komunitas muslim lainnya untuk menceritakan bagaimana Islam di Indonesia, bagaimana pesantren di Indonesia. Memperkenalkan wajah Islam Indonesia yang ramah tamah, yang santun yang toleran ke dunia internasional," tambahnya.

Selama berada di Inggris untuk berdakwah, Oki mendapat banyak pengalaman dan pelajaran berharga khususnya tentang agama Islam.

Saat berada di sana, Oki juga sempat bertemu dengan anggota parlemen Inggris. Oki menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara yang menghormati kebebasan beragama.

"Kemarin ada yang menarik ketika kami berbicara di depan menteri yang mengurusi kebebasan beragama, namanya Fiona Bruce jadi kami sempat sampaikan kepada beliau tentang konsep Indonesia,” ujar Oki.

“Kita ada Bhinneka Tunggal Ika, ada Pancasila dengan persatuan Indonesianya, nah di situ beliau juga takjub bahwa negara seperti Indonesia kita betul-betul sangat memperhatikan tentang keberagaman tapi tetap bersatu, punya spirit untuk berbeda tetap satu jiwa," lanjutnya.

"Kita juga berdakwah di kampus, lakukan presentasi, kemudian melihat cara dakwah di penjara seperti apa, kami mengunjungi tidak hanya London tapi juga mengunjungi Manchester, Birmingham, kami juga mengunjungi Oxford dan Cambridge. Dan Alhamdulillah itu menambah pengalaman saya dalam bisa berdakwah lebih bijak dan lebih baik," jelas Oki.

Ini bukan kali pertama Oki dikirim ke luar negeri untuk berdakwah, pada tahun 2017 Oki juga berangkat ke Jerman dan Australia. 

"Program seperti ini bukan pertama kali, karena di tahun 2017 saya juga dikirim pertukaran dai ke Jerman dan Australia dengan program yang serupa yaitu dialog antar agama kemudian mengunjungi berbagai komunitas keagamaan lainnya tidak hanya Islam, tapi komunitas agama lainnya. Jadi bahagia rasanya bisa mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke UK ini pengalaman untuk saya semoga bisa menjadi dai yang lebih baik ke depannya, menyampaikan lebih baik lagi," kata Oki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya