Kritikan dalam Lagunya Tak Sepedas Dulu, Iwan Fals: Sekarang Giginya Sudah Habis

Iwan Fals
Sumber :
  • IG @iwanfals

JAKARTA – Iwan Fals merupakan salah satu musisi yang lagu-lagunya tak pernah mati melintasi beberapa generasi. Penyanyi legendaris yang satu ini tak jarang menciptakan lagu yang sarat akan makna termasuk kritik kepada para petinggi negeri. Banyak lagu milik Iwan Fals yang berisi penyampaian kritik mulai dari masalah sosial, politik, dan banyak lainnya. Ia pun kerap menuai kontroversi akibat lagu yang diciptakannya tersebut.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, banyak yang merasa suara Iwan Fals dalam menyampaikan isi hati rakyat tak sepedas dulu lagi. Padahal, banyak orang yang menunggu lagu baru milik sang legenda dan ingin mendengarkan suara rakyat apalagi yang ia wakilkan lewat lirik-liriknya.

Iwan Fals

Photo :
  • ist
Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Mewakili para penggemar yang mungkin menyimpan pertanyaan serupa, Desta menanyakan hal itu secara langsung kepada Iwan Fals. Desta blak-blakan ingin tahu apa alasan Iwan Fals tak lag bersuara lantang menyampaikan kritik soal negeri ini lewat lagu-lagunya.

"Bang Iwan tapi mungkin juga ngerasain, ini kan banyak yang nanyain kalau Bang Iwan ngga sekeras dulu. Karyanya ngga kayak dulu, kalau dulu mungkin mengkritiknya keras segala macam," kata Desta seperti dikutip dari kanal YouTube Vindes, Rabu 6 Desember 2023.

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

Iwan Fals menanggapi pertanyaan dari Desta tersebut dengan candaannya yang khas namun penuh arti. Tak secara langsung menyebutkan alasannya mulai longgar memberikan kritik, Iwan Fals mengaku gigi-giginya sudah mulai habis termakan usia sehingga ia tak bisa lagi berbicara selantang dahulu.

"Wah sekarang giginya sudah habis, nih lihat nih. Jadi yang keras-keras sudah ngga bisa,” jawab Iwan Fals. 

"Itu Giginya emas atau perak bang Iwan?" tanya Desta lagi.

Iwan Fals kembali menanggapi pertanyaan tersebut dengan candaan. Ia menyebut gigi yang dipakai adalah gigi emas putih padahal yang diinginkan adalah platina supaya bisa lebih kuat lagi.

Iwan Fals

Photo :
  • ist

"Emas putih, Mas Iwan, hehe, harapannya gue pakai platina biar lebih keras lagi, tapi ternyata udah ngga bisa," kata Iwan Fals.

Sementara itu, beberapa lagu Iwan Fals yang terkenal penuh kritikan adalah Sore Tugu Pancoran, Surat Buat Wakil Rakyat, Bongkar, dan Manusia Setengah Dewa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya