Cleopatra Djapri Eks JKT48 Buka Lowongan ART Gaji Rp1,7 Juta, Ini Seabrek Beban Kerjanya

Cleopatra Eks JKT48.
Sumber :
  • Instagram

VIVA Showbiz – Cleopatra Djapri eks anggota JKT48 menuai hujatan publik karena sebuah lowongan pekerjaan yang ia buka dalam rangka mencari asisten rumah tangga (ART) yang baru. Cleo menuliskan pengumuman itu di akun Facebook yang kemudian dibagikan ulang oleh netizen di media sosial X (Twitter) hingga menjadi viral. 

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Cleopatra Djapri mengungkapkan bahwa ia mencari orang yang serius ingin kerja karena belum lama ini ada ART yang minta untuk berhenti setelah seminggu bekerja dengannya. Cleo mengaku kesal karena harus segera mencari pengganti ART tersebut lagi. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

“Saya mencari ART beberes momong untuk KERJA DIRUMAH SAYA (TOLONG YANG SERIUS KERJA, UDAH CAPEK BANGET SAMA DRAMA ART BARU SEMINGGU MINTA BERENTI),” tulis Cleo di akun Facebook-nya, mengutip unggahan @nurultryani di X, Rabu 6 Desember 2023.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Cleo menuliskan semu kriteria ART yang ia inginkan mulai dari persyaratan usia dan sifatnya, hingga kemampuannya dalam mengurus rumah tangga. Cleo mencari ART yang merupakan seorang perempuan usia 35-50 tahun yang bersedia tinggal di rumahnya. Cleo juga ingin ART yang sifatnya tidak kasar, jujur, dan bisa menyayangi anak-anaknya.

Berburu Cuan Lewat Gajian

"Perempuan berusia 35-50 tahun, menginap, sayang sama anak, tidak kasar sama anak, jujur, sopan, rajin, dan tulus," tulis Cleo lagi.

Lebih lanjut, Cleopatra Djapri juga menuliskan rincian pekerjaan yang nantinya akan dilakukan oleh sang ART sehari-hari. Selain mengasuh anak-anak, ART yang diinginkan oleh Cleo harus bisa melakukan pekerjaan rumah tangga yang lain seperti membersihkan rumah, mencuci baju, dan memasak.

“Kerjaan : Nyapu, Ngepel, Nyuci baju (pakai mesin, tapi kalo baju putih di kucek), cuci sendal, Nyetrika (baju suami, saya, 3 anak saya), Masak yang ringan-ringan. Bisa masak sop, bayam, lodeh, kangkung.(tenang bukan disuruh bikin kepiting saos padang kok, apalagi sekarang udah ada youtube... so plisss gak usah alasan gak bisa masak. Kalo gak bisa yaudah belajar bareng-bareng dari youtube),” katanya.

Persyaratan selanjutnya yang dituliskan oleh Cleopatra adalah yang menjadi sumber hujatan para netizen. Ia menekankan bahwa gaji ART akan ditahan selama tiga bulan dan baru akan dibayarkan di bulan keempat. 

Cleo menjelaskan alasannya menahan gaji selama 3 bulan supaya sang ART tidak seenaknya saja memutuskan hubungan kerja dengan dirinya. Tetapi, ART itu diperbolehkan untuk berhenti apabila memang tidak tahan dengan pekerjaannya sebelum 3 bulan.

“Gaji akan ditahan selama 3 bulan, di bulan ke-4 turun semua (alasan kenapa ditahan, biar cobain kerja sama saya 3 bulan, kalau sekiranya dalam waktu 3 bulan ngerasa gak sanggup boleh minta BERHENTI, bukan baru SEMINGGU MINTA BERHENTI),” kata Cleo.

Cleo juga mencari seorang ART yang bisa selalu ia ajak bepergian, mengingat pekerjaannya di dunia hiburan maka Cleo juga sering pergi demi membuat konten kreatif. Oleh sebab itu, sang ART harus tidak mabuk kendaraan.

"Gak mabuk kendaraan karena suka saya bawa pergi apalagi kalo mau nge-vlog jalan-jalan pasti akan saya bawa soalnya," katanya lagi.

Selain beberapa kriteria dan beban pekerjaan yang telah ia sebutkan, Cleo juga menambahkan beberapa fasilitas yang akan diberikan kepada sang ART. Pertama, gaji perbulan adalah sebesar Rp1,7 juta, yang mana akan ditahan selama tiga bulan. Kemudian, akan ada Wifi dan kamar tidur sendiri di rumahnya yang disediakan untuk sang ART. Cleo juga menjamin ART-nya akan makan makanan seperti yang majikannya makan. 

“Fasilitas: Gaji 1.700.000, Wifi, Kamar tidur dan kamar mandi sendiri, Sabun shampoo odol disediakan, Makan tidak dibedakan. Lokasi : Jakarta Timur,” pungkasnya.

Setelah mengumumkan lowongan pekerjaan tersebut, netizen lantas menghujat sang penyanyi. Kriteria dan beban kerja yang diberikan oleh Cleo dinilai kurang masuk akal dan tak sesuai dengan gaji yang diberikan apalagi akan ditahan selama tiga bulan di awal kerja.

"kerja apa dikerjain, buset dah kerjaan seabrek tapi gaji nya di bawah umr jogja, ada ada aja nih ex-idol ibukota," komentar seorang netizen.

"Gaji ditahan 3 bulan lah terus nanti kalo mau kasih keluarga gimana? Heran," kata netizen lainnya.

"Anggap krn makan ditanggung jika dikonversi per mkn Rp 25rb, sehari Rp 75rb, sebulan Rp 2,25jt. Dijumlah sm gaji pokok total Rp 3,95jt. Hmm masih di bwh UMR ya?," timpal netizen lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya