Selain Ivan Gunawan Deretan Seleb Ini Pernah Kena Tegur KPI Gara-gara Penampilan

Ivan Gunawan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

VIVA Showbiz – Presenter yang juga seorang desainer kenamaan Ivan Gunawan belakangan jadi sorotan publik. Dirinya memutuskan untuk mundur dari program talkshow yang dibawakannya dan memilih untuk tinggal di Paris Prancis dalam waktu dekat.

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Keputusan Ivan Gunawan untuk mundur dan tinggal di luar negeri ini menyusul dengan teguran yang dilayangkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat terhadap program yang dibawakan Ivan Gunawan, Ruben Onsu, Ayu Ting Ting, dan Wendy Cagur pada akhir 2023 lalu. KPI Pusat memberikan surat teguran menyusul dengan penampilan Ivan Gunawan yang dianggap tampil seperti perempuan. 

Selain Ivan Gunawan ternyata ada sederet selebritis tanah air yang juga sempat mendapat teguran dari KPI lantaran penampilan mereka. Siapa saja? Berikut ini rangkumannya.

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan

1. Tessy Srimulat

Drama Saipul Jamil dan Ivan Gunawan: Maaf Diterima, Netizen Tetap Geram

Tessy dalam Kampanye Hidup Bersih Tanpa Narkoba

Photo :
  • Diza Liane Sahputri/Viva.co.id

Berbeda dengan Ivan Gunawan,Tessy Srimulat diketahui mendapat cekalan dari KPI Pusat lantaran melakonkan karakter perempuan. Kala itu, Tessy mendapatkan uang dengan menampilkan karakter wanita di atas panggung yang identik dengan banyak cincin akik. KPI mengeluarkan imbauan yang melarang seluruh stasiun TV menampilkan sosok pria bergaya wanita. Lantaran pencekalan tersebut Tessy sempat kehilangan banyak pekerjaan baik di televisi maupun dari film. Selama enam tahun Tessy menjalani kehidupan tanpa pekerjaan semacam itu.

2. Ruben Onsu

Ruben Onsu

Photo :
  • Instagram @ruben_onsu

Rekan Ivan Gunawan ini juga pernah memberikan teguran kepada suami Sarwendah ini. Dirinya pernah menyoroti adegan Ruben Onsu berpelukan dengan Ivan Gunawan dan penampilan feminin mereka berdua. Ruben juga pernah mendapat teguran di tahun 2008 lalu lantaran disebut melontarkan guyonan kasar dan cacian yang berlebihan yang berpotensi dapat ditiru oleh anak-anak dan remaja saat menjadi host salah satu acara show di tv swasta.

3. Raffi Ahmad 

Raffi Ahmad

Photo :
  • Tangkapan layar

Di tahun 2019 lalu Raffi Ahmad sempat mendapat teguran dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Saat itu, ia tengah menjadi host dalam acara Pesbukers di salah satu stasiun televisi.

MUI menegur Raffi Ahmad atas sikapnya kepada salah satu bintang tamu, Zaskia Gotik. Sikap yang dimaksud adalah mencium tangan serta memeluk Zaskia Gotik. Alhasil, Raffi Ahmad pun mendapatkan teguran dari dua pihak, MUI dan KPI. 

Mendapatkan teguran, Raffi memilih untuk  mengunjungi MUI dan meminta maaf secara langsung. Ia juga berdiskusi mengenai konten atau topik acara yang diinginkan atau sesuai dengan MUI.

4. Farah Quinn

Farah Quinn

Photo :
  • Facebook Farah Quinn

Celebrity Chef  ini sempat mendapatkan teguran KPI atas program memasaknya yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta. KPI memberikan teguran terhadap program memasak Farah Quinn di tahun 2012 lalu. 

Teguran ini menyusul dengan, kostum yang dikenakan Farah Quinn yang jadi host acara tersebut dinilai vulgar hingga memamerkan bagian tubuh pribadinya sepanjang acara berdurasi 30 menit tersebut. Dalam surat tersebut, KPI meminta Farah Quinn tidak lagi mengenakan pakaian terbuka di televisi

5. Ivan Gunawan

Ivan Gunawan

Photo :
  • IG @ivan_gunawan

Ivan Gunawan ditegur KPI terkait penampilannya di salah satu episode dalam program yang dibawakannya pada akhir 2023 lalu. KPI Pusat memberikan surat teguran menyusul dengan penampilan Ivan Gunawan yang dianggap tampil seperti perempuan.

Mendapat teguran, Ivan Gunawan sempat kembali menyentil KPI Pusatyang secara terang-terangan dianggapnya telah menjatuhkan namanya di depan publik. Dia menyayangkan dengan namanya yang disorot secara langsung dalam unggahan KPI Pusat tentang surat teguran tersebut. 

“Ini bukan ngambek ya Yu, beda ini bukan ngambek. Jadi ini bukan berkaitan dengan ngambek tapi tentang mempertahankan harga diri aku aja. Setiap orang punya pride, punya harga diri. Coba dia enggak nulis nama gue cuman program aja, gue enggak akan ngambek," kata dia.

Lebih lanjut, lantaran namanya diseret secara langsung dalam postingan terkait surat teguran itu. Ivan Gunawan mengaku dendam.

"Tapi karena lo tulis nama gue, buat gue dendam akan hal itu," katanya. 

Igun sapaannya juga sempat menyentil KPI Pusat dengan outfit yang dikenakanannya saat itu. Ivan sempat menanyakan kepada rekan-rekannya apakah penampilannya kala itu terlihat seperti perempuan atau tidak. 

“Tapi hari ini gue ada di acara ini. Yang ada di sana nonton ya, huuuu. Tapi hari ini baju gue lakik kan? Ini baguskan?," sindir Ivan Gunawan.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya