Genap 32 tahun, Begini Perjalanan Karier G-Dragon Big Bang

G-Dragon.
Sumber :
  • Facebook G-Dragon

VIVA –  Kwon Ji Yong atau G-Dragon hari ini genap berusia 32 tahun. Ulang tahun rapper dari Big Bang ini kemudian menjadi trending topik twitter, sejumlah penggemar terlihat mengucapkan doa dan harapan bagi G-Dragon alias GD. 

Ramai Isu G-Dragon Kencani Kang Min Kyung Davichi

Tidak hanya itu saja, leader Big Bang, Taeyang juga terlihat mengunggah foto masa kecil dirinya bersama G-Dragon. Terlihat dari unggahan itu, G-Dragon yang mengenakan kaos dan topi terbalik merangkul Taeyang.

Dalam unggahan itu, Taeyang memberi caption emoticon kue ulang tahun, tanda hati hingga petasan ulang tahun. Genap berusia 32 tahun, berikut ini napak tilas karier dari G-Dragon Big Bang alias  Kwon Ji Yong.

Diisukan Pacaran sama GD, Nana Komatsu Nikahi Aktor Masaki Suda
5 Fakta G-Dragon BIGBANG, King of Kpop yang Berulang Tahun ke-33

Debut di acara anak-anak

G Dragon diketahui sempat menjadi bagian dari acara Bbo-Bbo-Bbo yang tayang di stasiun MBC yang tayang sejak tahun 1981. Bbo-Bbo-Bbo sendiri merupakan acara Sesame Street versi Korea yang didesain untuk "pendidikan elit" anak-anak usia 3-4.  Program baru ini mencakup pelajaran bahasa Inggris dan sains. Dalam acara ini, G-Dragon tampil bersama Shin Dong Super Junior.

Baca juga: Survei Terbaru: 92 Persen Pelajar Kesulitan Belajar Online

Pernah tergabung dalam grup musik saat kecil

Kwon Ji-yong memulai kariernya pada usia enam tahun sebagai bagian dari grup Little Roo'Ra. Setelah merilis album Natal, kontrak grup tersebut diakhiri oleh perusahaan rekaman mereka, yang membuat G-Dragon terkejut.

Sempat menjadi trainee SM Entertainment

G-Dragon diketahui sempat mengikuti kontes menari pada usia 8 tahun. G-Dragon diketahui sempat menjalani masa trainee selama 5 tahun di  SM Entertainment selama pindah ke YG Entertainment dan menghabiskan 6 tahun lagi di YG Entertainment untuk trainee. Selama tahun pertamanya di YG, tugasnya memberikan air untuk artis dan membersihkan studio.  

Debut bersama Big Bang

Setelah enam tahun menjalani masa pelatihan di YG Entertainment, G-Dragon debut bersama BIGBANG di tahun 2006. Bersama BIGBANG dan personel lainnya, Taeyang, Daesung, T.O.P, dan Seungri mereka debut dengan album Bigbang Vol.1.

Sejumlah single dalam album itu menjadi hits sebut saja  "Lies" , yang menduduki puncak tangga musik Korea dan memecahkan rekor enam kali berturut-turut  dan memenangkan Song of the Year di Mnet Km Music Festival tahun 2007 dan  Seoul Music Awards pada 2008.

Setelah memenangkan Artist of the Year di Mnet Korean Music Festival 2008 dan Seoul Music Awards 2008, grup ini merilis empat album studio Jepang antara lain Big Bang tahun 2009, Big Bang 2 tahun 2011, Alive (2012), dan Made Series (2016) dan semuanya mendapat sertifikasi emas oleh Asosiasi Industri Rekaman Jepang.

Baca juga: Selain Virus Corona, Pneumonia Bisa Berasal dari Kotoran Burung

Solois

Setelah tiga tahun debut bersama Big Bang, G- Dragon akhirnya mengeluarkan album solo pertamanya Heartbreaker pada 2009. Albumnya pun sukses dan menjadi album terlaris oleh solois Korea pada saat itu.  

Albumnya itu juga memenangkan Album of the Year di 2009 Mnet Asian Music Awards. Setahun setelahnya, G-Dragon berkolaborasi dengan T.O.P Big Bang untuk merilis album GD & TOP pada 2010.

Sejumlah penghargaan pun diraihnya ketika merilis sejumlah album solo. Beberapa diantaranya adalah The EP earned Record of the Year di ajang  Seoul Music Awards tahun 2013, Artist of the Year pada ajang Mnet Asian Music Awards pada 2013. 

Extended play pertamanya yang berjudul One of a Kind yang rilis pada 15 September 2012 mendapat posisi pertama dalam Billboard World Album Chart and masuk dalam Billboard 200 Chart di posisi 161. 

Dinobatkan sebagai orang paling berpengaruh

G-Dragon dinobatkan oleh Forbes sebagai orang paling berpengaruh di bawah usia 30 tahun di dunia hiburan dan olahraga se-Asia pada tahun 2016 lalu. G-Dragon telah menulis atau ikut menulis 23 lagu nomor satu di Gaon Digital Chart (setara dengan Billboard Hot 100), yang sebagian besar juga dia produksi bersama. 

Menjadi produser

Tahun 2014 G-Dragon menjadi produser untuk sejumlah artis naungan YG Entertainment. G Dragon diketahui menulis lagu "Good to You" dari album 2NE1, berjudul Crush.  Dia juga bekerja dengan Taeyang di album keduanya Rise, menulis dan memproduksi single utama "Ringa Linga" dan "Stay With Me". 

Menjalani wajib militer

Usai melaksanakan konser tur dunia keduanya, G-Dragon menjalani masa wajib militernya pada 27 Februari 2018. GD masuk dalam kamp pelatihan Divisi Infanteri ke-3 di provinsi Gangwon sebagai prajurit tugas aktif, di mana ia menyelesaikan masa wamilnya pada 26 Oktober 2019, setelah menyelesaikan persyaratan. 

Kolaborasi dengan aparel kenamaan

Pasca menyelesaikan tugas wajib militernya, G-Dragon ini diketahui melakukan kerja sama dengan perusahaan sepatu kenamaan Nike. Hari ini pihak Nike mengungkapkan bahwa pihaknya bekerja sama dengan G- Dragon.

Pada 4 November, Nike mengumumkan menghadirkan Nike’s Air Force 1 PARA-NOISE (AF1 PARA-NOISE) yang merupakan kolaborasi dengan G-Dragon. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya