Peduli Terhadap Pendapatan Royalti Musisi Indonesia, Ifan Seventeen Lakukan Ini

Ifan Seventeen
Sumber :
  • IG @ifanseventeen

VIVA Showbiz – Berawal dari keresahan para musisi akan industri musik Indonesia tentang hak kekayaan intelektual hingga transparansi royalti sebuah karya. Ifan Seventeen, menghadirkan harapan baru untuk para musisi melalui perusahaan yang fokus pada industri musik dengan komunitas aset digital dan NFT Musik. 

Jimmy Nazwar Rao dan Posan Tobing Kolaborasi untuk Lagu Hebat

Untuk pertama kalinya, Kunci Rumah Entertainment secara eksklusif mempersembahkan sebuah digital platform musik yang memiliki konsep dan sistem berbeda dari yang lainnya. Digital platform musik itu adalah KunciPlay, khusus untuk para musisi yang merilis NFT Musiknya di Kunci Rumah Entertainment. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Nantinya, karya atau lagu yang berada dalam KunciPlay sangat bersifat eksklusif karena tidak bisa didengarkan di platform sejenis. KunciPlay sangat mementingkan orisinalitas sebuah karya dan hak royalti untuk musisi. 

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

"KunciPlay itu digital streaming platform kayak Spotify, Apple Music, Joox. Aku didukung dengan perusahaan kita fight back dengan cara kita sendiri, kita membentuk sebuah ekosistem baru untuk indiustri musik indoensia. Lagu itu nanti hanya akan diputar di KunciPlay," kata Ifan Seventeen selaku CEO pada saat konferensi pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat, 11 November 2022.

Abeliano Menyemangati Hati dengan Lagu Terbaru, Hoping You'll Be Mine

Maka dari itu, untuk royalti sendiri, KunciPlay sangat detail dan transparan memaparkan pembagian hasil karya yang terjual untuk pemilik NFT Musik dan musisi yang merilis NFT Musiknya. Nantinya, setiap bulan dari total jumlah yang berlangganan KunciPlay akan dibagi untuk pemilik NFT Musik dan royalti untuk musisi yang merilis aset digitalnya.

Ya, Ifan menjelaskan bahwa nantinya para musisi akan difasilitasi untuk berbisnis secara transparan. Tidak hanya itu, Ifan bersama tim juga memiliki studio rekaman yang bisa digunakan oleh para musisi.

"Perusahana ini bukan label. Kita adalah perusahan yang memfasilitasi musisi untuk berbisnis secara normal, fair, transparan. Kita di kantor ini punya fasilitas 5 studio recording besar dengan standar alat internasional," kata Ifan Seventeen.

KunciPlay juga sedang merancang beberapa fitur menarik seperti musik video, live streaming bersama musisi, live chat untuk berbincang dengan para artis, pembelian tiket konser, hingga jadwal tampil para musisi yang semuanya dapat dilihat melalui KunciPlay.

Tidak hanya itu, berlangganan KunciPlay merupakan bentuk apresiasi kita terhadap musisi untuk mendapatkan royalti yang sesuai tanpa bisa dimanipulasi, hal ini menjadi langkah untuk industri musik yang lebih sehat dan transparan.

"KunciPlay adalah aplikasi yang akan menjadi bentuk penghargaan sesungguhnya terhadap sebuah karya yang dilahirkan oleh musisi, dan ini adalah revolusi dari industri musik Indonesia" ujar Riefian Fajarsyah sebagai Direktur Utama Kunci Rumah Entertainment.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya