Andre Taulany ke Ndhank Surahman: Kalau Dibilang Gak Dapat Royalti Bohong Itu

Andre Taulany.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

JAKARTA – Andre Taulany angkat bicara terkait masalah kisruh lagu-lagu Stinky yang diciptakan oleh Ndhank Surahman Hartono. Pencipta lagu Mungkinkah itu mengungkapkan keberatannya kepada Andre dan Stinky yang menyanyikan lagu ciptaannya karena merasa royalti tidak diberikan secara layak.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Menanggapi hal itu, Andre Taulany merasa tidak perlu banyak berkomentar karena pihak Stinky lebih berwenang memberikan tanggapan perihal royalti lagu tersebut. Satu hal yang pasti, Andre Taulany yakin Ndhank selaku pencipta lagu Mungkinkah, termasuk juga Irwan, pasti menerima royalti dari lagu yang mereka ciptakan. Andre Taulany menyebut Ndhank berbohong karena mengaku tidak mendapatkannya. Scroll untuk info lengkapnya.

"Menerima (royalti) dong. Kan sudah dikasih tahu Stinky, Stinky bayar royalti jalan terus. Itu album Stinky dari awal sampai sekarang, penjualan dan ring backtone, dan sebagainya, Ndhank tetap dapat sampai sekarang. Jadi kalau dibilang nggak dapat royalti, bohong itu, terima," kata Andre Taulany, dalam konferensi pers di kawasan Ciputat, Tangerang, Selasa 9 Januari 2024.

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

Andre Taulany lantas keheranan mengapa mantan rekan satu bandnya itu mensomasi dirinya, padahal Andre sudah tidak lagi menjadi anggota Stinky sejak 2008 silam.

Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

Ia pun mengakui sempat menyanyikan lagu Mungkinkah saat tampil di acara festival musik bersama band Andre Taulany and Friends. Tetapi selama dua kali manggung, Andre Taulany memastikan pihak manajemen sudah membayarkan royalti lagu tersebut kepada event organizer (EO) yang mengadakan acara. Pihak EO itu lah yang bertugas meneruskan pembayaran royalti kepada Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

"Kemarin itu, saya bikin Andre Taulany and Friends, itu juga baru manggung 2 kali. Kalaupun memang saya dianggap nyanyikan lagu mereka, saya sudah bayar, pihak manajemen sudah bayar ke EO sesuai dengan UU dan saya mengikuti aturan," kata Andre Taulany.

"Jadi saya nggak sembarangan, saya bukan maling, saya nggak lancang. Semua saya sudah mengikuti aturan dan pihak EO sudah membayarkan hak pencipta tersebut melalui LMKN," tegasnya.

Meskipun masalah royalti ini ramai dibicarakan publik, tetapi Andre Taulany belum mau mengambil tindakan apapun untuk melawan somasi Ndhank Surahman. Penyanyi sekaligus komedian itu merasa tidak punya masalah apapun karena selalu mengikuti Undang Undang yang berlaku terkait urusan royalti dan hak cipta lagu-lagu yang dibuat oleh Ndhank. Andre Taulany juga merasa selalu meminta izin terlebih dahulu untuk menyanyikan lagu-lagu Stinky setelah ia hengkang dari grup.

Kisah Spiritual Ndhank Gitaris STINKY

Photo :
  • YouTube Ndhank Stinky Official

Terkait pembelaan, Andre Taulany juga tidak memakai pengacara untuk menghadapi Ndhank Surahman. Baginya, netizen di media sosial saja sudah cukup menjadi pembelanya karena para netizen juga bisa menilai mana hal yang benar dan salah.

"Saat ini belum perlu menurut saya, saat ini lawyer saya adalah para netizen karena netizen di luar sana banyak mendukung saya dan mereka lebih pintar. Mereka lebih tahu apa yang terjadi. Jai, pengacara saya adalah netizen tercinta," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya