Momo Nyanyikan Lagu Selalu Salah Tanpa Geisha, Roby Satria Bilang Begini

Momo Geisha
Sumber :
  • Instagram @therealmomogeisha

JAKARTA – Roby Geisha mempertanyakan bagaimana etika bisnis di industri musik Indonesia setelah mengetahui bahwa sang mantan vokalis, Momo, membawakan lagu "Selalu Salah" dalam sebuah acara tanpa band Geisha. Roby menegaskan bahwa semua lagu Geisha hanya boleh digunakan secara komersil oleh formasi bandnya saja.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Sebagai penulis lagu, Roby Satria mengingatkan lagi bahwa Geisha memiliki kontrak eksklusif dengan label bahwa lagu-lagu dari band tersebut hanya boleh dinyanyikan oleh bandnya sendiri. Scroll lebih lanjut ya.

"Semua lagu @geishaindonesia hanya boleh di gunakan secara komersil oleh formasi Band Geisha yang secara resmi mempunyai kontrak exclusive dengan pihak Label dan disepakati bisnisnya bersama atas nama Group," tulis Roby di akun Instagramnya, dikutip Sabtu 13 Januari 2024.

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

Mengingat saat ini Momo bukan lagi menjadi bagian dari anggot band, Roby mengatakan tak seharusnya lagi ia menyanyikan lagu-lagu milik Geisha di atas panggung. Hal tersebut terbilang sebagai kepentingan Momo secara pribadi dan untuk meraup keuntungannya saja.

Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

"Sehingga tidak di perkenankan untuk di komersilkan secara personal untuk mengambil keuntungan pribadi," tambahnya.

Sebagai pemilik hak eksklusif, sebenarnya Roby tidak melarang Momo menyanyikan lagu-lagunya. Asalkan, Momo tampil bersama dengan Geisha. Tetapi, dalam video yang diunggah oleh Roby, terlihat Momo menyanyikan lagu itu tidak dengan bandnya.

Roby Geisha

Photo :
  • NUVOLA/VIVA

"Dan saya Roby Satria sebagai pemilik hak eksklusive atas lagu tersebut tidak melarang dan memperkenankan momo untuk membawakan lagu Geisha selama di komersilkan bersama sama Group Band Geisha," tegas Roby.

Berdasarkan video itu, Roby menduga bahwa mantan rekan bandnya tersebut telah mengambil keuntungan pribadi dengan menyanyikan lagu milik bandnya. Ia lantas mempertanyakan bagaimana sebenarnya etika binis di industri musik negeri ini karena ada pihak yang secara tidak profesional sengaja mencari keuntungan pribadi saja.

"Setelah kita melihat video ini sepertinya ada pihak yang secara sengaja,leluasa dan tidak profesional memberikan ruang untuk keuntungan pribadi pihak pihak tertentu. Sampai saya mulai meragukan etika bisnis musik Indonesia ini bekerja," kata Roby.

Gitaris itu lantas bertanya-tanya siapa saja orang yang nantinya akan mendapatkan keuntungan dari membawakan lagu Geisha yang populer itu. Roby bahkan mengajak para netizen untuk membantunya mencari tahu kemana saja aliran keuntungan yang didapatkan dari penampilan Momo tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya