Menaker Ida Fauziyah: Tradisi Mudik Lebaran Cuma Ada di Indonesia

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan Tradisi pulang kampung (mudik) untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga merupakan ciri khas Indonesia yang tidak ditemukan di negara-negara Islam lainnya.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Ida berharap tradisi ini dapat dirawat atau dilestarikan sampaiseterusnya, sebab terdapat nilai budaya yang dapat mempererat hubungan sosial di masyarakat.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Hal ini dikatakan Ida saat memberikan sambutan pemberangkatan 500 peserta mudik gratis yang difasilitasi Adira Finance melalui program KURMA (Kembali Seru Bersama) di Jakarta, Minggu 7 April 2024.

"Tentu akar budaya itu bersumber dari ajaran agama untuk mempererat silaturahmi. Salah satu cara untuk mempererat silaturahmi yakni dengan cara mudik,"  ujar Ida Fauziyah.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Dalam acara mudik gratis yang dihadiri Ida ini, sebanyak 500 peserta dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Serang diberangkatkan menggunakan 10 bus yang tersedia dengan 2 jalur mudik. Jalur Utara mencakup Brebes, Tegal, Pekalongan, Semarang, Solo, sementara Jalur Selatan mencakup Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Sumedang, dan Banjar.

Ida Fauziyah mengaku cukup senang dengan adanya program mudikgratis ini. Pasalnya, tidak semua pekerja migran memiliki kesempatan untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman setiap tahun.

"Libur lebaran adalah sarana untuk memberikan kesempatan bagi siapapun pekerja atau warganegara di perantauan untuk dapat menikmati indahnya Idul Fitri bersama keluarga, "  kata dia.

Ida Fauziyah menekankan, selanjutnya pemerintah akan terus mendorong perusahaan-perusahaan untuk memberikan kontribusi dalam meringankan beban pekerja dengan menyelenggarakan program mudik gratis bersama.

"Pekerja dan pengusaha adalah mitra dan sama-sama memperjuangkan keberlangsungan perusahaan, maka di saat bahagia, kebahagiaan itu disokong bersama,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Adira Finance, Sigit Hendra Gunawan menyatakan, program mudik bersama ini sudah diselenggarakan Adira sejak 2022. Tahun ini mereka mengusung tema "Mudik Ceria 2024 'Pergi-Pulang, Sehat, Lancar, Selamat'.

Menurut Sigit, program mudik gratis ini  merupakan bentuk kontribusi nyata perusahaan kepada masyarakat  yang ingin berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. "Harapan kami, dengan fasilitasi mudik gratis ini, dapat lebih dekat dan bisa membantu masyarakat untuk bertemu dengan keluarga tercinta di kampung halamannya," kata Sigit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya