Catat, 8 Kota Ini Bakal Gelar Kompetisi IBL Musim 2020

Trio Rookie IBL 2019; Samuel Benedict, Daniel Anggoro, Dio Freedo
Sumber :
  • instagram.com/iblindonesia/

VIVA – Indonesian Basketball League (IBL) telah merilis agenda kompetisi untuk musim 2020 mendatang. Ajang kompetisi bola basket tertinggi di Indonesia tersebut dijadwalkan akan berlangsung 8 seri reguler, plus fase playoff dan babak semifinal serta final.

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

Seri pertama kompetisi IBL 2020 akan digelar 10-12 Januari di GOR Sahabat, Semarang, Jawa Tengah. Terpilihnya Semarang sebagai sebagai kota pembuka IBL 2020 mengingat animo dan antusias masyarakat bola basket di kota ini yang selalu baik.

Berikutnya akan berlangsung seri II di Bandung (17-19 Januari), seri III di Jakarta (31 Januari-2 Februari), seri IV di Yogyakarta (6-8 Februari plus All Stars game 9 Februari).

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Setelah paruh musim, dilanjutkan seri V di kota baru yakni Kediri (28 Februari-1 Maret), seri VI Surabaya (6-8 Maret), seri VII di Semarang (13-15 Maret) dan Yogyakarta (20-22 Maret) akan menjadi seri VIII atau penutup babak reguler musim 2020.

Playoff akan dilangsungkan di kota Malang (27-29 Maret) dan semifinal di kota Bandung (3-5 April), sementara laga final akan berlangsung dengan format home and away 16-19 April.

Cesc Fabregas Beri Penilaian Gelar Arsenal Usai Berbincang dengan Semua Pelatih Eropa

Agenda kompetisi IBL musim 2020

"Ada beberapa kota dua kali menjadi tuan rumah karena pertimbangan kelayakan dan animo pencinta bola basket di kota tersebut," ungkap Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah. Dan yang menarik tahun ini adalah adanya kota penyelenggaraan baru yakni Kediri sebagai salah satu kota dengan sejarah dan masyarakat bola basket yang terkenal baik.

Kompetisi kali ini juga istimewa, sebab akan diikuti tim nasional Indonesia sekaligus bagian dari persiapan Tim Merah Putih menuju Kualifikasi FIBA Asia 2021. Poin menang dan kalah Timnas di babak reguler tetap akan dihitung walau tim asuhan pelatih asal Serbia, Rajko Toroman, dan diperkuat calon pemain naturalisasi Denzel Bowles, tak akan berlaga di babak playoff.

Keberadaan tim ini diyakini akan membuat level kompetisi semakin menarik lagi untuk disaksikan dan berdampak positif bagi klub peserta IBL lainnya. Selain itu, klub IBL di musim depan akan diperkuat tiga pemain asing dengan tinggi maksimal 200 cm . Ketentuannya, hanya dua pemain asing bermain di lapangan di saat bersamaan.

"Jadwal kompetisi musim yang akan dimulai 10 Januari ini tidak hanya menyesuaikan dengan kalender perhelatan nasional seperti SEA Games 2019 Manila dan Kualifikasi FIBA Asia 2021, namun juga dengan dimulai kompetisi dan penyelenggaraan dengan periode tahun penuh diharapkan menambah intensitas penonton di setiap kota," tambah Junas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya