Duel Tinju Teraneh di Dunia, Lawan Menangis dan Tidak Mau Memukul

Petinju kelas berat, Oliver McCall (tengah) menangis.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Tak hanya duel penuh darah dan sengit, tinju kelas dunia juga terkadang menghadirkan keanehan. Salah satunya yang terjadi pada 7 Februari 1997. Dalam duel perebutan gelar juara kelas berat WBC itu, seorang lawan menangis dan tidak mau melawan.

Mike Tyson Naik Ring Tinju Lagi, Ini Lawannya

Duel tersebut mempertemukan juara bertahan WBC, Lennox Lewis dan Oliver McCall. Ini merupakan duel ulangan kedua petarung. Di pertarungan pertama, McCall sukses menjadi pemenang lewat kemenangan TKO di ronde kedua. 

Baca: Mike Tyson Ungkap Rahasia Pukulan KO Pamungkas yang Makan 44 Korban

Butuh 17 Pukulan Mematikan, Mike Tyson Ungkap Petinju Ini Jadi Lawan Terberat

Alhasil, rematch ini pun diprediksi akan berlangsung seru. Namun, pertarungan ini tidak sesuai ekspektasi penonton. Pasalnya, berakhir antiklimaks. McCall kalah TKO dengan cara aneh dalam duel 5 ronde ini.

Di pertarungan ini, Lewis mampu mengendalikan tiga ronde pertama dengan pukulan kiri yang kuat dengan dibarengi pukulan tangan kanan yang kuat. McCall, sementara McCall hanya melakukan 26 pukulan selama pertarungan. 

Geger Mike Tyson Pakai Jersey Juventus

Setelah putaran ketiga berakhir, McCall menolak untuk kembali ke sudutnya, mengabaikan permintaan pelatihnya George Benton dan mulai berjalan mengelilingi ring tinju sampai ronde keempat dimulai. 

Ketika ronde keempat dimulai, Lewis langsung mendaratkan hook kanan ke sisi kepala McCall diikuti kombinasi pukulan kanan dan kiri. Sedangkan McCall malah menurunkan tinjunya dan hanya mencoba menghindar dari Lewis.

Lewis berusaha untuk terus menggempur McCall beberapa kali, tetapi McCall tetap menolak melawan dan menghabiskan seluruh ronde keempat dengan berjalan di sekitar ring dan hanya bertahan ketika Lewis menyarangkan pukulan.

Setelah ronde keempat berakhir, McCall menolak untuk kembali ke sudutnya dan terus berjalan di sekitar ring. SIkap yang membuat kesal timnya. Di momen itu, McCall terekam kamera menangis di sudutnya saat berbicara dengan wasit Mills Lane. 

Ketika ronde kelima dimulai, McCall terus tidak melawan. Bahkan ketika Lewis mendaratkan beberapa pukulan, McCall malah berbalik dan menghindar. Mills Lane pun terpaksa menghentikan laga dan memberikan kemenangan TKO untuk Lewis.

Keesokan harinya, McCall berusaha menjelaskan tindakan anehnya di sebuah jumpa pers. Dia mengklaim penolakannya bertarung adalah salah satu strategi yang dia lakukan. Dia juga menjelaskan, tangisannya itu karena dia "ingin membuat dirinya dalam keadaan emosional".

Terlepas dari alibinya itu, Komisi Atletik Nevada untuk sementara waktu menskors sementara McCall dan mendenda McCall sebesar $3 juta. Dia dianggap sakit mental dan dikirim ke bangsal psikiatris Virginia.

Baca: Menjijikkan, Tyson Fury Jilat Darah Wilder dalam Duel Brutal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya