Papua Didorong jadi Provinsi Olahraga, Ketum KONI Beri Pesan Ini

Ketum KONI Pusat Marciano Norman menghadiri Musorprov KONI Papua
Sumber :
  • KONI

VIVA – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, menghadiri pembukaan Musyawarah Olahraga Provinsi KONI Papua.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Kehadiran Marciano sebagai apresiasi pada masyarakat Papua yang sukses menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional XX 2021.

Musorprov resmi dibuka pada Senin 13 Juni 2022. Dalam sambutannya, Marciano berharap kesuksesan PON 2021 tak berlalu begitu saja. Dia ingin warisan yang berupa venue olahraga yang ada bisa dimanfaatkan guna mencetak atlet masa depan.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

“Sebagai bentuk apresiasi, rasa bangga, dan terima kasih, saya Ketua Umum KONI Pusat, mewakili 33 provinsi di seluruh Indonesia, mewakili 72 cabang olahraga, dan 6 organisasi fungsional hadir di sini, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua Umum KONI Papua sekaligus Gubernur dan juga Ketua PB PON XX/2021 Papua yaitu Bapak Lukas Enembe,” ujar Marciano Norman.

“Sekarang yang harus kita pikirkan setelah PON selesai, apa yang akan kita kerjakan. Oleh karena itu, Musorprov menjadi sangat penting dalam menentukan. Pemusatan latihan nasional untuk beberapa cabang olahraga bisa dilakukan di Papua karena aset itu adalah aset yang berharga,” tambahnya.

Eks Presiden Sriwijaya FC Tersandung Korupsi Dana Hibah, Kini Ditahan Kejati Sumsel

Sebelumnya, Ketum KONI Papua yang diwakili oleh Sekum Kenius Kogoya menjelaskan bahwa Papua tak hanya sukses sebagai tuan rumah penyelenggaraan namun juga sukses prestasi kontingennya.

Dijelaskan bahwa target Papua adalah masuk 5 besar, yang mana telah terwujud. “Di mana baru kali pertama provinsi Papua menduduki peringkat empat nasional,” kata Kenius Kogoya yang mewakili Ketum KONI Papua Lukas Enembe.

Di sisi lain, Gubernur Lukas Enembe memberi pesan kepada peserta Musorprov guna masa depan olahraga prestasi Papua. “Untuk pemilihan Ketua Umum KONI masa bakti 2022-2026, saya menghimbau agar para peserta memilih orang yang tepat,” ujar Lukas.

Selain itu, Lukas Enembe juga mengaitkan dengan ‘Provinsi Olahraga’ yang tentunya harus berprestasi baik. Pada pembukaan Musorprov tersebut, juga dilakukan pemberian apresiasi kepada atlet Papua yang mewakili Indonesia pada SEA Games Vietnam. Gubernur Lukas Enembe langsung yang memberikan apresiasi secara simbolis dengan didampingi Ketum KONI Pusat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya