The New Triathlon Balayang Cup 2023, Gabungkan Lari, Mendaki dan Paralayang

Peserta Balayang Cup 2023
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA Sport – Korem 083 Bhaladika Jaya menggelar The New Triathlon Balayang Cup 2023, run, hike, and fly. Gelaran ini digelar di BJD Spot, Jalur Lintas Barat (Jalibar), Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Minggu 25 Juni 2023.

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jika biasanya triathlon diisi dengan lari, balap sepeda, dan renang namun kali ini diisi dengan lari, mendaki, dan paralayang.

Even lebih meriah karena Danrem 083/Bdj, Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor menjadi salah satu peserta dari total 51 peserta dari berbagai daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Selain itu, beberapa atlet paralayang nasional juga ikut seperti Jafro Megawanto, Rika Wijayanti, Syahdana Revi dan lainnya.

Hobi Lari, Politisi Golkar Misbakhun Capai Finis di London Marathon 2024

Kolonel Gogor mengatakan dalam perlombaan ini peserta wajib berlari sejauh 2 kilometer. Dilanjutkan dengan mendaki 1,4 kilometer, dan terbang dari ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut.  

Peserta Balayang Cup 2023

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya
Grebeg Kupat Tumpeng Syawalan di Kota Batu Tetap Meriah Meski Hujan Gerimis

"Kejuaraan paralayang ini lain dari biasanya. The new triatlon dengan materi run, hike dan fly yang pertama kalinya. Semoga dari kejuaraan ini bisa memunculkan spot paralayang baru di Jawa Timur khususnya Kota Batu," kata Gogor. 

Meski pertama, kegiatan ini sebenarnya merupakan lanjutan dari beberapa even yang sudah dilaksanakan di beberapa kota lainnya seperti di bike, hike, dan fly di Banyuwangi dan Wonogiri. 

"Balayang Cup 2023 ini merupakan bagian upaya pembinaan terotorial melalui komunikasi sosial. Juga untuk membangun komunitas paralayang dalam satu wadah pembinaan yang solid sekaligus mempromosikan olahraga paralayang guna menghasilkan atlet-atlet paralayang yang unggul dan berprestasi," ujar Gogor. 

Selain itu juga bisa mendukung Kota Batu sebagai daerah wisata yang nanti bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Sekaligus menggelorakan semangat berolahraga. Itu keinginan kami mendukung program sport tourism yang menggabungkan olahraga dan pariwisata," tutur Gogor. 

Sementara itu, Ketua FASI Provinsi Jatim, Marsma TNI Fairlyanto mengapresiasi perlombaan ini karena digelar secara luar biasa. Pria yang juga menjabat Danlanud Abdurahman Saleh Malang ini menegaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara profesional. Karena seluruh peserta sudah laik terbang sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan FASI.

"Karena kegiatan ini adalah hal yang baru. Untuk itu mari kita kabarkan olahraga baru ini. Semoga kegiatan ini sangat bermanfaat untuk olahraga dan pariwisata. Ke depan kami berharap event dan spot paralayang baru tersebut dapat digunakan untuk event paralayang tingkat Internasional," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya