PB IKASI Gelar Kualifikasi PON 2024 Aceh-Sumatera Utara

PB IKASI Gelar Kualifikasi PON 2024
Sumber :
  • PB IKASI

VIVA – Pengurus Besar (PB) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Menggelar Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON)  Aceh – Sumatera Utara XXI 2024 mendatang, yang dilangsungkan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Gondrong, Cipondoh Kota Tangerang. Jum’at (01/09).

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Ketua Umum PB IKASI Agus Suparmanto mengatakan kegiatan Kualifikasi PON tersebut diikuti oleh 310 atlet yang terdiri dari 25 provinsi termasuk Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Papua. 

“Ini saya lihat yang ikut kualifikasi ini semua atlit terlihat sangat antusias untuk bertanding, nanti nya dari hasil kualifikasi ini sebanyak 208 atlit yang akan lolos dan bisa mengikuti PON Aceh-Sumut 2024 mendatang”, Ungkap Agus.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Agus juga menambahkan ajang tersebut merupakan bentuk keseriusan PB IKASI dalam melakukan pembinaan dengan mengumpulkan atlit anggar dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Memang olahraga Anggar ini perkembangan nya sangat baik, selama ini dari tahun 2015-2019 kita berhasil meraih 2 perak dan 7 perunggu, namun demikian kami belum puas karena kalau puas harus mendapatkan medali emas”, Tambah Agus.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Untuk melakukan pembinaan terhadap atlet anggar memang tidak bisa instan, PB IKASI sudah melakukan kerjasama dengan Korea Selatan dan  akan mengirim atlet-atlet yang berpotensi sebagai regenerasi terutama untuk usia dini. “Training ini tidak bisa sebulan dua bulan, ini merupakan program jangka panjang, tidak hanya di SEA Games atau Asian Games, target kita harus bisa masuk olimpiade”, Tandas Agus,

Sementara itu, Irfan Bachtiar selaku Wakil Ketua Bidang  Sport Science Iptek  Pengurus  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Kualifikasi PON Aceh-Sumut tersebut.

“Kami hadir disini sebagai monitoring dan evaluasi, ada dua hal yang harus dilihat yaitu pertama tentang keabsahan atlit dan kedua dalam hal bidang pertandingan, keabsahan atlit tentunya harus dilihat sesuai dengan buku pedoman apakah ada pembatasan usia dan sebagainya, bidang pertandingan apakah sudah dilakuan dengan benar”. Ungkap Irfan Bachtiar.

Ajang Kualifikasi PON tersebut pada dasarnya merupakan babak pertama untuk PON, karena nantinya hanya ada 16 Provinsi yang akan berlaga di PON Aceh-Sumut XXI 2024 yaitu 14 Provinsi terbaik di ajang Pra PON dan ditambah 2 Provinsi lagi sebagai tuan rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya