Catatan Pembalap Yamaha Racing Indonesia untuk Sirkuit Mandalika

Pembalap Yamaha Racing Indonesia, Aldi Satya Mahendra dan Wahyu Nugroho
Sumber :
  • Istimewa

Mandalika – Dua pembalap Yamaha Racing Indonesia, Aldi Satya Mahendra dan Wahyu Nugroho mempersembahkan podium di Asia Road Racing Championship Mandalika, Sabtu 12 Agustus 2023. Keduanya turun pada race pertama kelas AP250.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Aldi Satya Mahendra menempati podium kedua. Dia cuma tertinggal 0,570 detik dari pembalap Astra Honda Racing Team, Rezha Danica Ahrens yang merebut juara. Sementara Wahyu Nugroho ada di peringkat ketiga.

Yamaha Racing Indonesia punya satu pembalap lainnya yang turun di kelas AP250, yaitu Muhammad Faerozi Toreqottullah. Dia mengakhiri balapan pada posisi kelima dengan catatan waktu 18 menit 03,290 detik.

Gokar Jadi Batu Loncatan Menuju Ajang Balap Dunia

"Persaingan lebih seru sekarang karena kami bisa fight. Saat ini bisa bertarung di depan jadi senang," kata Aldi saat ditemui usai balapan.

Aldi sempat mengalami kendala saat balapan. Cuaca panas di Sirkuit Mandalika membuat ban tunggangannya cepat habis. Akhirnya dia harus hati-hati mengontrol keseimbangan.

Juara F1 GP China, Max Verstappen Disebut dari Planet Lain

"Kondisi cuaca sangat panas membuat ban cepat habis. Saya baru push tiga lap saja sudah kehilangan grip," tutur Aldi.

Sirkuit Mandalika yang berada di tepi pantai menurut Aldi juga menjadi tantangan. Angin kencang turut membawa debu ke lintasan sehingga jadi licin.

"Karakter sirkuit high speed corner tapi harus kontrol juga karena ini pinggir lautan, karena angin bisa membawa pasir dan licin," ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Wahyu. Dia menyarankan lintasan harus sering dibersihkan karena debu membuat laju motor semakin sulit dikontrol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya