Ternyata Kevin Sanjaya Kewalahan saat Digempur Fajar/Rian di Senayan

Kevin/Marcus vs Fajar/Rian di Indonesia Masters.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Ada yang menarik dalam pernyataan legenda bulutangkis, Susy Susanti, baru-baru ini tentang dua ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dengan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Pernyataan Susy di situs resmi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia itu, mengulas seputar pertarungan yang terjadi antara kedua ganda di Indonesia Masters 2019.

Menurut Susy, kedua pasangan sebenarnya memiliki kualitas yang sama baiknya. Hanya saja yang membedakan, The Minions tampil lebih gigih dalam bertanding.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

"Kalau dibilang secara kualitas, Fajar/Rian tidak kalah dari Kevin/Marcus," kata Susy dalam keterangannya itu seperti dikutip VIVA, Jumat 8 Februari 2019.

Susy mengatakan, saat pertandingan berlangsung ada sebuah kelemahan Kevin yang terlihat mencolok. Dia kewalahan menghadapi serangan Fajar/Rian.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Sebenarnya bisa dimanfaatkan Fajar/Rian untuk bisa merebut kemenangan. Tapi Fajar/Rian gagal memanfaatkan situasi karena kalah mental dari Kevin/Marcus.

"Susah banget Kevin di depan menghadapi mereka. Tapi dari kegigihan dan kemauan untuk menang di lapangan, Kevin/Marcus masih lebih unggul. Saya bilang sama Fajar/Rian, dibiasakan untuk keluarkan ekspresinya, emosinya, di depan kita ini kan musuh," ujar peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1982 itu.

Susy menuturkan, memang mental juara yang dimiliki Kevin/Marcus tidak mudah didapatkan begitu saja tanpa perjuangan keras sebelum turun ke arena pertandingan.

Selama ini, Susy mengetahui, pasangan pemegang ranking 1 dunia itu selalu tampil ganas dan main ngotot meski sedang latihan.

"Contohnya Kevin/Marcus, dari latihan sudah beda kualitasnya. Lihat Marcus, datang lebih pagi, pulang belakangan. Apa yang dia rasa masih kurang, dia ikut tambahan. Kevin kalau latihan kelihatan sekali tidak mau kalah. Coba lihat mereka di pertandingan, saat poin ketat, tidak mau kalah, karena mereka sudah biasa menghadapi situasi begini di latihan," ujar Susy.

Perlu diketahui, dalam pertemuan terakhir di perempatfinal Indonesia Masters 2019, terjadi pertarungan sengit antara Kevin/Marcus melawan Fajar/Rian.

Dalam laga yang digelar di Istora Senayan Jakarta, Fajar/Rian memang tampil berbeda. Mereka lebih sulit dikalahkan. Terbukti Kevin/Marcus harus membutuhkan gim tambahan alias rubbergame untuk menang.

Tampak juga, Kevin/Marcus tak membiarkan Fajar/Rian bisa melaju ke semifinal meski satu negara. Mereka tetap menggilas Fajar/Rian seperti lawan tanding mereka dari negara lain.

Baca: Kevin/Marcus Terjungkal di Malaysia Jadi Laga Top Bulutangkis Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya