Ibu-ibu Ini Curhat Kelakuan Menantu Zaman Dulu dan Sekarang: Dulu Bangun Jam 3

Ibu-ibu Curhat Menantu Dulu dan Sekarang
Sumber :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Jakarta – Hubungan antara menantu dan mertua seharusnya terjalin atas dasar pengertian, keterbukaan, dan rasa hormat satu sama lain. Kedua belah pihak juga harus memiliki peran penting dalam dinamika keluarga mengingat keduanya ada bagian dari sebuah keluarga yang utuh. 

Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

Meski demikian, kadang ada anggapan mengenai hubungan menantu dan mertua yang sering muncul dalam dunia modern sebagai hubungan yang pelik. Faktor penyebabnya adalah latar belakang budaya, kebiasaan bertolak belakang, cara berkomunikasi, dan lain sebagainya. 

Seperti yang dicurhatkan oleh ibu-ibu satu ini, dalam sebuah akun TikTok @roroandri, seorang emak-emak tampak membuat konten perbandingan menantu zaman dulu dan sekarang. Ia melihat dari sisi kebiasaan menantu ketika berada di rumah sang mertua. 

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Ibu-ibu Curhat Menantu Dulu dan Sekarang

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Wanita yang diketahui bernama Roro Andri tersebut mengatakan bahwa menantu di zaman dulu selalu  berusaha lebih baik dari mertunya. Salah satunya adalah dengan bangun pagi sebelum ibu dan bapak mertuanya bangun. 

Klarifikasi Pastor di Ruteng NTT Usai Dituding Selingkuhi Istri Orang

"Ini beda menantu di jaman dulu dan sekarang. Kalo dulu menantu di rumah mertua, bangun itu gimana caranya sebelum mertua itu bangun," ungkapnya.

Ibu-ibu dengan kerudung hitam tersebut juga mengatakan bahwa menantu zaman dulu selalu mengusahakan untuk bangun lebih pagi dengan melakukan pekerjaan rumah, seperti masak, mencuci baju, menggosok, dan lain sebagainya. 

"Jadi jam 3 atau jam 4 subuh itu udah bangun. Nyuci, masak, gosok, ngepel. Jadi mertua bangun itu sudah beres semua." kata Roro.

Ilustrasi ibu mertua, anak dan menantu perempuan

Photo :
  • Times of India

Sementara itu, ia menilai bahwa menantu zaman sekarang malah sebaliknya. Mereka bangun lebih siang dan jika sudah punya anak, ibunya akan membuat anak tersebut rewel. Menurut dia, menantu zaman sekarang lebih santai dan tak ada rasa canggung. 

"Itu masuk kamar nanti bangun keluar dari kamar itu siang. Suaminya juga begitu. itu nggak ada kepikiran bangun lebih subuh dari mertua itu nggak ada. Nggak ada canggungnya, nggak ada pekewuhnya," ungkap Roro.

Bukan hanya menantu perempuan, ia juga menilai bahwa menantu laki-laki zaman sekarang jarang sekali berkomunikasi dengan bapak mertuanya. Dia juga menyinggung bahwa menantu zaman sekarang lebih sering main ponsel dan bangun siang. 

"Kalo anak menantu laki-laki ke rumah mertua juga begitu. Bangun siang, ngopi, main HP. nggak ada ngopi bareng, ngobrol, main catur seperti itu nggak ada. Atau kalau lagi ke kolam atau ke kebun, dibantu. Kok saya nggak liat yang seperti itu. Adanya pindah tidur," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya