Logo WARTAEKONOMI

Mayoritas Penghasilan Driver Gojek akan Pulih

Gojek. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)
Gojek. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)
Sumber :
  • wartaekonomi

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung dalam tiga bulan terakhir tidak menyurutkan semangat gotong royong pekerja yang ada di ekosistem ekonomi digital. Ini terlihat dari hasil survei terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) kepada 41.393 mitra pengemudi .

Riset juga menunjukkan bahwa bantuan sosial yang mitra pengemudi terima dari Gojek berhubungan dengan mau tidaknya mereka bertahan di Gojek. Makin mitra merasa diapresiasi, makin lama mereka berencana untuk tetap menjadi mitra. Secara keseluruhan, hampir semua mitra (89%) tetap berencana untuk melanjutkan kemitraannya dengan Gojek dan sebagian besar mitra (73%) cenderung optimis bahwa penghasilan mereka akan kembali seperti sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

"Optimisme mitra ini menarik karena menunjukkan adanya kepercayaan mitra pengemudi pada ekosistem ekonomi digital sebagai tempat mencari nafkah, serta resiliensi bisnis startup on-demand yang saat ini mampu bertahan di masa krisis," kata Wakil Kepala LD FEB UI, Dr. Paksi Walandouw, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/5/2020).

Survei tersebut mengungkapkan bahwa di tengah kondisi pandemi, baik perusahaan Gojek, mitra pengemudi, maupun konsumen yang ada dalam satu ekosistem saling membantu. Survei menemukan, mayoritas mitra pengemudi Gojek mendapatkan bantuan sosial dari pihak perusahaan Gojek (89%).

Selain itu, mereka juga mendapatkan bantuan sosial dari konsumen (21%) dan dari sesama mitra (5%). Mitra driver juga mendapat bantuan pemerintah bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Survei yang berjudul "Pengalaman Mitra Driver Gojek Selama Pandemi Covid-19" ini bertujuan menganalisis dampak tekanan ekonomi akibat pandemi terhadap pekerja informal dan merupakan bagian dari riset LD FEB UI mengenai dampak sosial-ekonomi Gojek di Indonesia.

Temuan menarik lainnya, bantuan yang diberikan oleh Gojek sebagai perusahaan membuat mitranya merasa terus didukung di tengah masa sulit. Pemberian bantuan tersebut direspons positif oleh mitra, dengan mayoritas mitra (84%) mengapresiasi bantuan sosial yang mereka terima dari Gojek. Sebagian besar mitra yang mendapat bantuan mengatakan merasakan manfaat yang diberikan (74%).