Adu Fitur Toyota Avanza dan Penantang Barunya

sorot mobil - Wuling Confero S buatan China.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Avanza hingga kini masih menjadi mobil keluarga terlaris di Indonesia. Mengusung model multi purpose vehicle atau MPV, mobil ini digunakan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan, mulai dari bekerja, bisnis hingga liburan.

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Angka penjualannya yang selalu tertinggi membuat banyak pabrikan mobil lainnya gerah. Satu per satu berusaha menggoyahkan dominasi Toyota di kelas mobil keluarga.

Salah satu pabrikan yang akan mencoba hal tersebut adalah Wuling. Produsen mobil asal China ini baru saja mengenalkan mobil perdana mereka yang diklaim akan menjadi rival mobil sejuta umat Toyota.

Sedan Listrik Wuling Sudah Bisa Dipesan, Harganya Rp200 Jutaan

Mengusung nama Confero S, mobil yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat, tersebut akan bisa dibeli oleh konsumen pada kuartal ketiga tahun ini.

Panjang Confero S mencapai 4.530 milimeter, sementara lebar 1.691 mm dan tinggi 1.730 mm. Volume bagasi yakni 250 liter. Dimensi Grand New Avanza sedikit lebih kecil, yakni panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm.

Kembaran Wuling Cloud EV Ini Kepergok Kamera Uji Coba di Jalan Raya

Soal penerangan, Avanza masih mengandalkan lampu halogen dengan rumah lampu standar. Confero S tampil lebih mewah berkat kehadiran lampu proyektor sebagai lampu utama. Wuling juga memasang kamera parkir di bagian belakang dan sensor parkir di bagian depan.

Masuk ke sektor dapur pacu, kedua mobil sama-sama mengusung mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.500 cc. Namun, Toyota menyediakan varian mesin 1.300 cc untuk memberi pilihan pada konsumen.

Mesin rancangan Wuling dapat menghasilkan tenaga sebesar 107 daya kuda pada putaran mesin 5.800 rotasi per menit (rpm). Torsinya yakni 142 Newton meter pada 3.800-4.400 rpm.

Avanza versi 1.5 G memakai mesin yang mampu menghasilkan tenaga 104 daya kuda pada 6.000 rpm, sementara torsinya mencapai 136 Newton meter pada 4.200 rpm.

Kedua mobil ini sudah dibekali perangkat keselamatan anti-lock braking system atau ABS dan electronic brakeforce distribution atau EBD. Namun, rem belakang Avanza masih menggunakan teknologi teromol, sedangkan Confero S sudah cakram.

Baik Toyota maupun Wuling juga sudah memasang dua kantong udara di bagian depan. Agar konsumen puas, Wuling juga menyematkan beberapa fitur menarik, seperti sistem hiburan dengan layar sentuh delapan inci dan petunjuk tekanan angin digital ala mobil-mobil mewah. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya