International Big Bike Show Jadi Wadah Sosialisasi SIM Moge

Touring komunitas moge/Ilustrasi.
Sumber :
  • Westofthei

VIVA.co.id – Untuk pertama kalinya, di Indonesia akan digelar pameran motor gede berskala internasional, yakni Indonesia International Big Bike Show. Acara ini akan dihelat di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, 22-26 Februari 2017.

Harley-Davidson Siapkan Moge Murah Lagi Usai Luncurkan X440

Menurut Direktur PT Hasta Karya Persada, penyelenggara pameran tersebut, Christian Sinaga, acara yang berlangsung selama empat hari itu diharapkan menjadi wadah sosialisasi untuk surat izin mengemudi (SIM) C berdasarkan kapasitas mesin motor. 

Sebab, lanjut dia, pameran tersebut juga akan didukung Korps Lalu Lintas Mabes Polri.

Pria Ini Dilindas Moge Ratusan Kali demi Rekor Dunia

“Misalnya, ujian SIM moge dilakukan di acara tersebut. Syukur-syukur SIM bisa langsung keluar,” jelas Christian di Jakarta.

Christian berharap, jika tak ada pembuatan SIM khusus, acara Indonesia International Big Bike Show bisa dimanfaatkan Korlantas untuk menggelar simulasi ujian praktik mengendarai moge.

Pemprov DKI Anggarkan Rp 6,3 M Beli Moge Listrik, Dipakai Kawal Gubernur

Dengan adanya simulasi tersebut, konsumen bisa mengetahui, apakah mereka pantas atau tidak untuk mendapatkan SIM khusus.

“Saat ini belum ada pembatalan acara. Sosialisasi sudah dimulai, cuma kita sedang menunggu audiensi dari Korlantas,” jelasnya.

Rencana sosialisasi penggolongan SIM itu dikabarkan baru akan mulai dilakukan pada Februari-April 2017 mendatang. Detail penggolongannya sebagai berikut:

SIM C untuk motor berkapasitas mesin di bawah 250cc

SIM C1 untuk motor berkapasitas antara 250-500cc

SIM C2 untuk motor berkapasitas mesin 500cc ke atas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya