Logo BBC

Milenial Kini Mengubah Tren dan Gaya Bisnis Parfum Dunia

A person is born with preference for one of the seven families of scents - Citrus, floral, fougère chypre, woody, amber and leather - Brandy Miller
A person is born with preference for one of the seven families of scents - Citrus, floral, fougère chypre, woody, amber and leather - Brandy Miller
Sumber :
  • bbc

Di ruang kerjanya yang mirip benteng di Kota Namur, Belgia, Guy Delforge mengumpulkan berbagai bahan untuk meramu parfumnya sendiri.

Delforge, 78 tahun, sudah menjadi pembuat parfum selama 34 tahun dan ia mencatat perubahan dalam industri ini yang kini mencari aroma yang lebih alamiah dan wewangian yang ramah lingkungan.

"Parfum telah ada selama 5.000 tahun dan aromanya tak berubah banyak," katanya.

"Namun kini pelanggan ingin tahu siapa yang membuat parfum mereka. Mirip ketika saya pertama kali menjual parfum dari garasi mobil saya di tahun 1980-an."

Generasi yang disebut milenial merupakan kekuatan utama di balik perubahan tren di sektor ini, menurut majalah kecantikan Cosmetics Business. Mereka ingin transparansi dan aroma yang netral secara gender, kadang berbasis wangi sitrus.

Sitrus adalah salah satu dari tujuh keluarga aroma. Yang lain adalah flora, cyprus (lumut pohon ek dengan kiasan bau bebuahan), amber yang sering dianggap wangi perempuan, pakis (lavender dan bau kayu), sedangkan aroma kayu dan kulit kerap digolongkan sebagai wewangian untuk pria.


Romain Pantoustier pembuat parfum di Namur, Belgia. - Brandy Miller