Logo BBC

Virus Corona: Ilmuwan Australia Mulai Uji Calon Vaksin Lawan Covid-19

Sejumlah ilmuwan di Australia dilaporkan mulai menguji dua calon vaksin untuk melawan virus corona baru yang menyebabkan penyakit Covid-19. Dalam menguji kedua calon vaksin buatan Universitas Oxford dan perusahaan AS Inovio Pharmaceutical, para ilmuwan telah diberi lampu hijau oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menggunakan hewan sebagai percobaan.

Badan sains nasional Australia akan melakukan penilaian soal efektivitas calon vaksin dan apakah aman digunakan pada manusia. Uji pada manusia untuk pertama kalinya berlangsung di AS bulan lalu, namun meloncati tahap percobaan pada hewan.

Ada beberapa pengembangan calon vaksin lainnya di berbagai tempat di dunia saat ini dalam kecepatan dahsyat. Namun, Organisasi Saintifik Persemakmuran dan Riset Industri Australia (CSIRO) mengatakan rangkaian tes yang mereka lakukan merupakan uji coba calon vaksin pra-klinis komprehensif pertama yang menggunakan hewan percobaan.

Para periset mengatakan kecepatan dan tingkat kerja sama global yang mendorong uji coba hingga pada tahap ini belum pernah terjadi sebelumnya.

"Biasanya perlu satu-dua tahun untuk mencapai tahap ini, namun faktanya kami menyingkatnya hanya dalam periode beberapa bulan," kata Dr Rob Grenfell dari CSIRO.

Bagaimana proses kerjanya?

Dalam beberapa hari terakhir, tim CSIRO telah memasukkan sampel vaksin ke dalam tubuh musang—hewan mamalia kecil yang terbukti terinfeksi virus corona dengan cara yang sama seperti manusia.